Memori Semarak Wisuda Pelajar Indonesia di Maroko


Indahnya ramadhan bulan penuh berkah 

Kata-kata di atas menjadi ungkapan yang tak hanya isapan jempol dan trend belaka bagi  pelajar Indonesia di maroko, negeri  berjuluk seribu benteng itu. Bagaimana tidak,  keberkahan  ramadhan memang pada titik definisi tanpa imitasi, yang memang di rasakan secara real. Ini diungkapkan  dengan adanya acara wisuda pelajar Indonesia di maroko pada tanggal 13 agustus 2012 di gedung INPT Rabat, yang berbarengan dengam bulan Ramadhan  1433 H, di mana acara berlangsung  dengan penuh kesyahduan dan suka cita bahagia, meski  di teriknya musim panas di susana Ramadhan Maroko.

Jam 14.30 sore hari acara di mulai,  hingga sampai jam 19. 00 acara pada titik akhirnya,  dengan di tutup buka puasa bersama yang di hadiri oleh semua tamu undangan dan segenap anggota PPI Maroko.  Juga turut hadiri Duta besar RI  untuk kerajaan maroko, bapak Tosari Widjaja, jajaran home dan local staf KBRI Rabat, perhimpunan pelajar Malaysia  ( PMMM ), perhimpunan pelajar  Thailand (TSAM), masyarakat  maroko  dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang berdomisili di maroko. Termasuk anggota PPI di dalamnya.

Acara wisuda pelajar Indonesia di maroko  ini, menjadi moment perdana yang dapat terealisir tahun ini, mengingat tahun-tahun sebelumnya inisiatif implementasi acara wisuda ini masih sebatas klise, dan selalu menuai penangguhan-penangguhan dalam penerapannya.

Dan acara wisuda ini menjadi prosesi yang cukup sakral,  sebagai moment potret indah dari jerih payah penempuhan belajar di negeri orang. Termasuk sebagai refleksi  dari tidak adanya prosesi wisuda di setiap universitas, entah itu dari jenjang sarjana,  master dan doctor setelah di nyatakan lulus oleh pihak kampus. Artinya acara wisuda memang tidak ada dalam agenda  kampus  di maroko, sehingga acara wisuda pelajar Indonesia di Maroko ini, menjadi semacam pelipur dan ungkapan penghargaan untuk pelajar Indonesia yang berhasil merampungkan study nya, sekaligus sebagai cambuk dan jurnal  motifasi untuk pelajar-pelajar lainya.

Selain prosesi serah terima penghargaan kepada para wisudawan-wisudawati  yang di berikan langsung oleh duta besar Indonesia untuk kerajaan maroko , bapak H. Tosari Widjaja  dan DR. Amien Ismaili, Dosen Universitas Mohammed V, dalam acara wisuda tersebut,  juga di meriahkan dengan penampilan penampilan seni budaya Indonesia.  Dalam hal ini pementasan seni rebana  dan penampilan seni tari payung  oleh kawan kawan PPI.

Maksud dan tujuan dari di laksanakannya acara wisuda ini, tak lain antaranya sebagai wujud apresiasi, do’a  dan  penghargaan setinggi-tingginya kepada para wisudawan dan wisudawati  atas keberhasilanya merampungkan jenjang belajarnya nya. Sekaligus sebagai bahan cambuk dan cermin untuk para pelajar pelajar lainya agar selalu termotifasi untuk selalu giat belajar,  agar tak ‘ kendor dan molor ‘  dari program pendidikannya, guna sesegera mungkin kembali  ke tanah air dan mengabdikan  ilmu dan pengetahuannya bagi tanah Indonesia tercinta.

Berikut daftar nama nama wisudawan wisudawati periode 2011 2012:
  1. Sholehuddin, asal Jakarta selatan, lulusan Universitas Mohammed V, Rabat, jenjang Master.
  2. Firmansyah Waruwu, asal Medan, Sumatra Utara, lulusan Universitas Qaraouiyyine Usuluddien, Tetouan. Jenjang Master.
  3. Ahmad Shohibul Muttaqien, asal Demak, Jawa tengah, lulusan Universitas Ibn Tofail, Kenitra. Jenjang Sarjana. 
  4. Dewi Anggraeni, asal Majalengka, Jawa barat, lulusan Universitas Ibn Tofail, Kenitra . Jenjang Sarjana.
  5. Ahmad Labib Mughni, asal Jakarta, lulusan Universitas Hassan II, Casablanca. Jenjang Sarjana.
  6. Ali Syahbana, asal Cirebon, lulusan Universitas Ibn Tofail, Kenitra . Jenjang Sarjana.
  7. Habib Choirul Musta’in, asal Ponorogo, Jawa timur, lulusan Universitas Mohammed V, Rabat. Jenjang Sarjana.
  8. Burhan Ali, asal Cilacap, Jawa tengah, lulusan Universitas Hassan II, Casablanca. Jenjang Sarjana.

0 Komentar