Sidang Tesis, Rifqy Maula, Lc Raih Predikat Cumlaude



Putra Indonesia kembali menyandang gelar master di Maroko. Rifqy Maula, MA. mahasiswa jurusan Ilmu al-‘Aqaid wal Adyan fi Turats al-Gharb al-Islami Fakultas Adab Univ. Hassan II meraih predikat mumtaz (cumlaude) dalam sidang tesisnya yang berjudul “Teori Ibn Hazm dalam Mengkritik ‘Aqidah Shalib”

Sidang yang berlangsung selama dua jam setengah mulai pukul 15.30 s/d 18.00 GMT+0 pada Kamis, 07 Januari 2015 sore tadi di Fakultas Adab Ain Chok Casablanca berlangsung sukses. Tidak hanya mahasiswa Maroko, para dosen fakultas ternama Casablanca ini juga turut kagum dengan prestasi mahasiswa asing dari negara Timur Islam.

Dalam menulis tesisnya, mahasiswa asal Cirebon ini dibimbing langsung selama satu tahun oleh Ust. Dr. Yusuf Kalam, Guru Besar perbandingan agama Fak. Adab Univ. Hassan II Casablanca.
Adapun panitia penguji sidang terdiri dari seorang ketua yaitu Ust. Dr. Muhammad Razuq, dua orang anggota yakni Ust. Dr. Nabil Ghumari, dan Ustz. Dr. Nadia asy-Syarqawi, serta dosen pembimbing Ust. Dr. Yusuf Kalam, juga disaksikan langsung oleh Ust Dr. Abdul Karim Filali, Ketua Jurusan Dirasat Islamiyah Fakultas Adab Univ. Hassan II Ain Chok Casablanca.

“Penelitian ilmiah Sdr. Rifqy Maula ini akan sangat bermanfaat jika nantinya bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Karena tidak banyak dari masyarakat Indonesia terlebih negara-negara Timur Islam pada umumnya yang mengenal ulama-ulama gharbi.” saran ketua panitia sidang Ust. Dr. Muhammad Razuq.

Sementara itu, turut hadir para pelajar Indonesia, pengurus maupun anggota PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Maroko dari berbagai kota yang ikut menyaksikan hangatnya sidang sore hari ini.
“Mabrouk alf mabrouk kepada kang rifqi atas pencapaiannya sehingga bisa selesai dijenjang master ini.” sambut ketua PPI Fakih Abdul Aziz.

Ketua PPI periode 2015/2016 juga berharap di sidang thesis ini semoga saudara Rifqi bisa memberikan semangat kepada teman-teman sarjana agar termotivasi melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kalau bisa sampai jenjang doktoral.

Setelah acara sidang usai, ditutup dengan makan malam ala Indonesia seadanya yang telah disajikan special oleh para pengrajin kuliner; mahasiswa sarjana dan master Indonesia yang masih menempuh studi di Univ. Hassan II Casablanca.

Dalam hal ini PPI Maroko mengucapkan selamat dan sukses kepada Saudara Rifqi Maula selaku mantan Ketua PPI periode 2013/2014 atas prestasi yang telah diraih selama di Maroko, semoga bermanfaat dan bisa mengabdikan ilmunya kepada masyarakat nusantara.

Terima kasih juga disampaikan kepada teman-teman yang telah berkenan hadir dan turut membantu menyukseskan acara ini, semoga kebaikan kita semua diberikan balasan yang lebih banyak oleh Allah SWT. Amin. (red)






0 Komentar