Pemburu Beasiswa







Bismillahirrahmannirrahim

Assalamualaikum wr, wb



Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Sekalipun kamu dengan sedikit keterbatasanmu. Seluruh siswa di dunia ini pasti menginginkan biaya pendidikan yang murah, bahkan gratis. Tak terkecuali bagimu bukan?



Kamu juga ingin kan, mendapatkan beasiswa sampai ke luar negri? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa penuh agar kamu tak perlu merepotkan orang tuamu lagi. Disini saya akan menjelaskan sedikit bagaimana step dan proses pendaftaran beasiswa di Maroko. Bagi teman-teman yang di Indonesia maupun alumni S1 Maroko, sesuai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan teman-teman yang sedikit bingung, bagaimana sih tips dan trik untuk melanjutkan study di Negeri 1000 benteng ini?



Pertama kita harus mengubah pola pikir kita. Luruskanlah niat belajar dari awal melangkah, dan juga take action dan sigap. Setelah mengubah pola pikir saatnya kalian rajin kepoin isi google. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa yang kalian butuhkan. Karena sebenarnya mengurus beasiswa di luar negeri tidak sedikit dan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 1-2 bulan saja.



Siapakah mereka?

Perlu diketahui untuk Calon Mahasiswa Maroko :

1. Badan Kerjasama Internasional Maroko (AMCI)

Yang bermarkas di Rabat, merupakan badan kerjasama dalam rangka membantu kelancaran pelaksanaan kebijakan kerjasama Kerajaan.

Tugas AMCI adalah untuk menerapkan dan mengembangkan hubungan budaya, ilmiah, teknik dan ekonomi dengan mitra negara-negara dalam kerjasama. Untuk memperkuat dan memperpanjang hunungan solidaritas dan menyatukan Maroko dengan negara-negara tersebut.



2. Direktorat Pendidikan Tinggi di Maroko (Ta’lim ‘Ali)

Direktorat Pendidikan Tinggi di Maroko terdiri dari pendidikan tinggi umum dan khusus. Pendidikan tinggi umum yaitu berkaitan dengan universitas-universitas maupun dengan lembaga pendidikan tinggi selain universitas.

Bagi Ta’lim ‘Ali di universitas meliputi 14 universitas yang tersebar di Maroko dan Ta’lim ‘Ali menjalankan aturan pedagogi didasarkan pada system sarjana, pasca sarjana dan doktoral. Yang diselenggarakan dalam bentuk fakultas, jurusan dan modul.

Tiap 1 tahun akademik terdiri dari 2 semester, masing-masing terdiri dari 16 minggu belajar-mengajar dan evaluasi. Tiap 1 semester terdiri dari 4 modul. Setiap modul perkuliahan terdiri dari 1-4 materi, yang disampaikan dalam satu Bahasa pengantar atau lebih. Setiap materi modul perkuliahan tersebut adalah materi-materi baik yang berbentuk mata kuliah, praktek kerja lapangan maupun proses bimbingan kuliah.

Program Sarjana (S1) terdiri dari 24 modul. Dan untuk Pasca Sarjana (S2) terdiri dari 16 modul. Program Sarjana (S1) terdiri dari 6 semester (3 tahun). 4 semester pertama untuk mendapatkan Ijazah Diploma, sedangkan 2 semester berikutnya untuk menyempurnakan program sarjana dengan mendapatkan Ijazah S1.



3. Wizarotul Auqof wa as-Syu’un al-Islamiyah, (Kementerian Wakaf dan Urusan Keislaman Maroko)

Wizarotul Auqof wa as-Syu’un al-Islamiyah sebagai Kementerian Agama di Maroko selain bertanggung jawab dalam masalah keagamaan di Maroko juga bertanggung jawab pada pesantren atau ma’had yang ada di Maroko. Untuk pesantren-pesantren dan madrasah swasta ketika memiliki jenjang study sarjana, maka dibawah naungan Wizarotul Auqof. Seperti halnya madrasah di Oujda, Qarawwiyin, Imam Nafi’, Madrasah Quran Masjid Hasan II dan Darul Hadits.



Jalur Beasiswa Maroko

1. Sarjana (S1) : a. DIKTIS Kementerian Agama RI

: b. PBNU

2. Pasca Sarjana dan Doktor (S2 dan S3) : a. DIKTIS Kementerian Agama RI

b. PBNU

c. LPDP

d. 5000 doktor



Jalur Non Beasiswa Maroko ( alumni S1 Maroko)

1. Pasca Sarjana dan Doktor (S2 dan S3) : a. Ta’lim ‘Ali



Jalur Beasiswa S1, S2 dan S3



Beasiswa S1

1. Jalur DIKTIS Kementrian Agama RI

Persyaratan dan Ketentuan Mengikuti Seleksi Maroko

1. Mengisi formulir pendaftaran online melalui web http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/

2. Daftar ulang di tempat pilihan pendaftaran online

3. Mengikuti test



Berkas yang dibutuhkan ketika sudah diterima :

1. Foto copy passport

2. Ijazah dan transkip nilai

3. Surat kelakuan baik dari kepolisian

4. Akte kelahiran

5. Surat kesehatan dari dokter atau rs yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah divaksinasi terhadap penyakit menular

6. Nomor 3-6 diterjemahkan oleh penerjemah resmi dibawah sumpah dan dilegalisir oleh Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Luar Negeri

7. Pas photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 10 lembar dan 4x6 sebanyak 10 lembar

8. Mengisi formulir beasiswa

9. Seluruh dokumen asli difotocopy menjadi 2 rangkap kemudian diserahkan ke Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Jl. Lapangan Benteng Barat No. 3-4 Lantai 7 Jakarta Pusat

10. Melampirkan fotocopy legalisir ijazah setingkat SMA dan transkip nilai dengan ketentuan:

a. Ijazah tidak lebih dari 2 tahun (Mesir dan Sudan), tidak lebih dari 1 tahun (Maroko).

b. Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolahnya.

c. Semua persyaratan (hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran



Waktu Pendaftaran dan Tempat Pelaksanaan Seleksi

1. Pendaftaran online

2. Waktu pelaksanaan ujian tulis dan lisan

3. Tempat Pelaksanaan Seleksi:

- UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

- UIN Sumatera Utara

- UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

- UIN Raden Fatah Palembang

- UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

- UIN Alauddin Makassar

- IAIN Antasari Banjarmasin

- UIN Ar Raniry Banda Aceh



Materi Ujian

1. Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa, dan insya') dan Pengetahuan Agama Islam.

2. Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (percakapan, terjemah, dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur'an minimal 2 juz.



Hasil Seleksi

Hasil seleksi in syaa Allah akan diumumkan oleh Kementerian Agama tanggal melalui website http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/

Fasilitas

1. Bebas biaya sekolah

2. Beasiswa : 1500 MAD/2 bulan (1.997.513 IDR)



2. Jalur PBNU Maroko (S1, S2 dan S3)

Persyaratan dan Ketentuan Mengikuti Seleksi Maroko

1. Mengirimkan surat permohonan ke Pengurus Besar Nahdhatul Ulama Pusat Kerjasama Beasiswa Timur Tengah PBNU, Lantai 2 Ruang 205, Jln. Kramat Raya no. 164 Jakarta Pusat 10320. Pilih program study yang diminati untuk S1, S2 dan S3



2. Lampiran-lampiran pendukung :

a. Data Pemohon (nama, pas foto, alamat, asal sekolah, nomor telepon/HP, data orang tua dan penghasilan orang tua)

b. Foto copy ijazah dan daftar nilai yang telah di legalisir oleh Kepala Sekolah untuk program S1, dan foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang

c. Prestasi selama ini disertai buktinya (piagam penghargaan, prestasi dalam bidang olah raga, seni, akademik dan lain-lain, atau aktivitas lain yang bisa mendukung permohonan)

d. Rekomendasi dari pengasuh pesantren atau pengurus wilayah/cabang NU kota masing-masing



Seleksi dan Pengumuman

Seleksi dilakukan dalam beberapa tahap berupa :

1. Seleksi administrasi dan klarifikasi data dan bagi pemohon yang memenuhi persyaratan administratif akan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya

.

2. Ujian tulisan dan lisan yang materinya mencakup :

a. Bahasa Arab (Qawa’id dan Nahwu Sharf, Qiro’atul Kutub, Muhadatsah)

b. Hafalan al Quran, dengan ketentuan hafal minimal 3 Juz

c. Pengetahuan Agama dan Umum, mencakup ke-Islaman, ke-NU-an dan Aswaja, serta wawasan ke-Indonesiaan.

( Tidak lupa nanti akan diadakan tes kedua di Maroko)

Hasil Seleksi

Hasil seleksi in syaa Allah akan dikirim via SMS



Fasilitas

1. Bebas biaya sekolah, sewa rumah, makan, transportasi dan kebutuhan sehari-hari

Beasiswa S1 : 400 MAD/bulan (653.695 IDR)

2. Beasiswa S2 : 2000 MAD/bulan di Darul Hadits



Beasiswa S2 dan S3

1. Jalur DIKTIS DEPAG RI

Harus melalui kuota KEMENAG RI karena KEMENAG yang menseleksi mahasiswa ke Timur Tengah khususnya ke Maroko. AMCI membatasi masuknya mahasiswa asing yang ingin terjun bebas alias masuk di luar kuota. Bagi calon mahasiswa yang nekat terjun bebas harus siap menerima penolakan AMCI dan berkas-berkasnya akan dikembalikan kepada yang bersangkutan.

Kemenag hanya membuka peluang bagi mahasiswa untuk studi S1 dibuka secara resmi setiap tahun. Adapun untuk pendaftar studi S2 atau S3 harus berkomunikasi langsung dengan pihak kampus dan Depag. Sebagai tambahan bagi calon mahasiswa S2 dan S3 dituntut untuk menguasai Bahasa arab dan prancis. Karena Bahasa prancis merupakan Bahasa resmi Maroko. Dan sebagai Bahasa pengantar di kelas dosen pun menggunakan b.arab, prancis dan inggris.



Adapun langkah yang bisa ditempuh :

a. Sebelum mendaftarkan ke pihak Depag, bahwa kita akan melanjutkan S2 ke Maroko. Kita harus mendaftarkan diri ke kampus tujuan di Marokonya. Dan untuk urusan ini harus ada yang mewakilkan di Maroko. Untuk melobi sebelumnya kepada Ketua Jurusan atau Dekan.



b. Setelah pihak kampus memberi pernyataan tertulis pelamar bisa ikut mendaftarkan dirinya dikampus, tergantung dengan masing-masing kebijakan kampus. Lalu berkas birokrasi yang di tempuh di Maroko disertakan ke Kemenag meminta agar dimasukan ke kuota 15.

Surat yang bisa disertakan ke Kemenag sebagai berikut :

- Pernyataan dari Dosen atau Pejabat Kampus yang dituju.

- Riwayat Hidup atau CV

- Surat rekomendasi Tokoh atau Pejabat Kampus Rektor atau pun Dekan

- SK waktu kerja di kampus (Jika ada)

- Piagam penghargaan atau prestasi (Jika ada).



c. Jika pihak Kemenag menyetujui nanti akan dipanggil dan ditindaklanjuti berkas kita. Jika tidak diproses karena dalam hal studi S2 dan S3, prosedur pendaftaran S2/S3 bukan dibawah penanganan Kemenag. Harus melalui tes atau ujian di kampus yang di tuju.



d. Untuk S2 dan S3 ada sedikit perbedaan dengan S1. Jika sampai di Maroko bagi S1 tidak memerlukan tes dan bolak-balik ke beberapa tempat. Namun jika S2 inilah stepnya :

- Pertama pergi ke AMCI untuk mengecek berkas kita sudah sampai atau belum dari Depag

- Lalu pergi lagi ke Ta’lim ‘Ali dan Riasah untuk melanjutkan birokrasi berkas.

- Dan pergi ke kampus yang bersangkutan untuk mengikuti tes dan wawancara. Jika lulus berkas kita dari kampus akan dikirim ke Riasah lalu pelamar untuk melakukan birokrasi lagi ke Ta’lim ;Ali dan ke AMCI

- Terakhir kita ke kampus untuk mengambil syahadah tasjil dan menyerahkannya ke AMCI.



Prosedur di Maroko

AMCI - Ta’lim ‘Ali – Riasah – Kampus (tes dan wawancara) – Riasah – Ta’lim ‘Ali – AMCI – Kampus – AMCI



Mungkin agak membingungkan loncat sana loncat situ berkas yang kita ajukan, karena untuk pendafaran ke Maroko belum memakai sistem Online. Untuk mendapatkan Muwafaqoh, harus ada perwakilan orang yang di Maroko yang melobi dan mengusahakan, ataupun pelamar harus datang pribadi ke Kampus melobi sendiri ke pihak kampus dan akan di tes atau di uji Dosen yang bersangkutan. Karena yang menentukan lulus atau tidaknya pihak kampus. Jika mendapat surat muwafaqoh sementara bisa diajukan ke Kemenag, dan atas kebijakan Kemenag ditindak lajuti ataupun tidak.



JALUR NON KUOTA 15 DARI AMCI (AGENCE MAROCAINE DE COOPÉRATION INTERNATIONALE)



1. Jalur LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP ialah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan lembaga yang bekerja di bawah pengawasan 3 kementerian sekaligus yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama

LPDP adalah lembaga yang bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan, dan hasil pengelolaannya disalurkan dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan.

Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1 ya.



Persyaratan LPDP :

1. Isi formulir dan lengkapi sesuai link berikut: http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

2. Link pertanyaan umum : http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pertanyaan-umum/

3. Tahap seleksi LPDP :

a. Seleksi administrasi

b. Seleksi substantif



ð Seleksi administrasi

1. Isi formulir

2. Transkip nilai

3. Ijazah

4. Riwayat pendidikan + nilai ipk

5. Riwayat pekerjaan atau pendapatan

6. Pengalaman organisasi

7. Pengalaman riset/seminar/konverensi

8. Prestasi yang telah dicapai

9. Surat kesehatan

10. SKCK

11. LOA (jika ada)

12. TOAFL

13. IELTS

14. Mengisi essay, meliputi :

- Sukses terbesar dalam hidup

- Kontribusi untuk Indonesia

- Rencana studi



ð Seleksi substantif

1. Wawanca/interview dan wawancara psikolog (45-60 menit)

2. Leaderless Group Discussion (LGD)

3. On the spot essay writing



2. Jalur 5000 Doktor ( MORA Scholarship)

PROSEDUR YANG DILAKSANAKAN DI INDONESIA :





Gambar 1. Perjalanan Prosedur Pendaftaran dari Indonesia

1. Pendaftar memilih kampus tujuan di Maroko yang berada di dalam list universitas tujuan yang ditentukan oleh sponsor pemberi beasiswa seperti LPDP atau MoRA Scholarship (Program 5000 Doktor) karena jalur non kuota 15 hanya diperuntukan bagi yang telah mendapatkan beasiswa dari Indonesia



2. Pendaftar mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus Letter of Acceptance (Muwafaqah Mabdaiyyah) di universitas yang telah diinginkan.



a. Ijazah S-1 untuk program Master atau Ijazah S-1 dan S-2 untuk program Doktor.

b. Transkrip Nilai S-1 untuk program Master atau Transkrip Nilai S-1 dan S-2.

c. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres setempat atau MABES POLRI

d. Surat Keterangan Dokter yang dikeluarkan oleh PUSKESMAS atau Rumah Sakit setempat.

e. Akte Kelahiran.

f. Letter of Sponsorship (LOS) atau Guarantee Letter (FGL) yang dikeluarkan oleh lembaga pemberi beasiswa seperti LPDP atau Program 5000 Doktor (MoRA Scholarship)

(Semua dokumen di atas harus sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisir oleh KEMENLU dan KEMENKUMHAM.)

g. Fotokopi Paspor

h. Curriculum Vitae (CV) yang ditulis dengan bahasa Arab

i. Dokumen lainnya yang menunjang diterimanya pendaftar ke kampus yang dituju seperti sertifikat/jurnal/bukti prestasi bertaraf nasional maupun international dengan bahasa Arab atau Inggris.



3. Pendaftar berkomunikasi dengan kerabat/kenalan yang sedang studi di kampus yang diinginkan untuk meminta bantuan mengajukan LoA kepada program coordinator (munassiq) master atau doktoral pada program studi/jurusan yang dituju dengan menyertakan dokumen pada poin nomor 2 dengan menyertakan tambahan dokumen sebagai berikut:

a. Surat keterangan sebagai utusan instansi/lembaga/ormas atau rekomendasi dari tokoh masyarakat yang ditulis dengan bahasa Arab.

b. Surat permohonan kepada program coordinator (munassiq) program studi tujuan dengan mencantumkan berkas-berkas yang disertakan.



4. Semua dokumen di pada poin 2 dan 3 di-scan dan dikirim melalui e-mail ke kerabat yang diamanahkan untuk mengurus LoA. Diutamakan kerabat tersebut merupakan mahasiswa yang berada di kampus tujuan yang bersangkutan, agar memudahkan pengurusan administrasi dan negoisasi ke pihak kampus.



5. Pendaftar menunggu hasil pengajuan LoA oleh kerabat di Maroko yang menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan (tidak dapat ditentukan).



6. 6.Setelah mendapatkan LoA, LoA (Muwafaqah Mabdaiyyah) tersebut dikirimkan oleh kerabat yang mengurus LoA di Maroko ke e-mail pendaftar untuk dikirim bersamaan dengan berkas pada poin 1 dan 2 ke kedutaan Maroko di Jakarta.



7. Secara detail berkas yang dikirim ke AMCI melalui kedutaan Maroko yaitu:



a. Ijazah S-1 untuk program Master atau Ijazah S-1 dan S-2 untuk program Doktor.

b. Transkrip Nilai S-1 untuk program Master atau Transkrip Nilai S-1 dan S-2.

c. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres setempat atau MABES POLRI.

d. Surat Keterangan Dokter yang dikeluarkan oleh PUSKESMAS atau Rumah Sakit setempat.

e. Akte Kelahiran.

f. Letter of Sponsorship (LoS) atau Guarantee Letter (FGL) yang dikeluarkan oleh lembaga pemberi beasiswa seperti LPDP atau Program 5000 Doktor (MoRA Scholarship).

(Semua dokumen di atas harus sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisir oleh KEMENLU dan KEMENKUMHAM.)

g. Fotokopi Paspor

h. Curriculum Vitae (CV) yang ditulis dengan bahasa Arab

i. LoA (Muwafaqah Mabdaiyyah) dari kampus di Maroko

(Selain dokumen di atas, pendaftar juga menyertakan surat pernyataan menerima beasiswa dan permohonan ke kantor kedutaan Maroko untuk mengirimkan semua dokumen di atas ke AMCI yang ditulis dengan bahasa Arab oleh ketua lembaga/fakultas/instansi.)



8. Pendaftar pergi ke kantor kedutaan Maroko di Jakarta lalu menyerahkan semua berkas yang tertera di atas dengan memohon agar berkas tersebut segera dikirim ke AMCI dengan segera dan juga meminta Formulir Pengajuan Tinggal atau Studi di Maroko (Tarsyih Takwin bil Maghrib)



9. Pendaftar menunggu hasil komunikasi dengan kerabat di Maroko dan memastikan bahwa dokumen yang bersangkutan telah sampai di AMCI, Wizarah Ta’lim Ali (Kementerian Pendidikan Tinggi) dan universitas yang dituju.



10. Setelah dipastikan oleh kerabat/penanggung jawab LoA di Maroko bahwa berkas pendaftar sudah sampai di universitas yang dituju. Selanjutnya pendaftar baru diperkenankan untuk berangkat ke Maroko.

Demikianlah prosedur pendaftaran di Indonesia bagi pendaftar di kampus Maroko non kuota 15 dari AMCI (Agence Marocaine de Coopération Internationale). Adapun selanjutnya yaitu prosedur pendaftaran di Maroko akan dilakukan oleh pendaftar setelah pendaftar tiba di Maroko.

Jalur Non Beasiswa ( alumni S1 Maroko)



Persyaratan dan ketentuan :

1. Melengkapi berkas ( bisa dimulai bulan Juni)

a. Transkip nilai/kasfu nuqot

b. Foto 3x4 sebanyak 4 buah

c. Surat rekomendasi dari KBRI Rabat

d. Ijazah (jika tidak ada bisa dengan syahadah najah)

e. Syahadah tibyah

f. Foto copy passport

g. Foto copy KTP

h. Mengisi formulir di AMCI

i. SKCK

j. Bahs

k. Akte kelahiran

Semua berkas dilegalisir dan diserahkan kepada AMCI



2. Untuk mengisi formulir terdapat 3 pilihan tujuan dan disiapkan matang-matang mengenai universitas, fakultas dan jurusan yang teman-teman inginkan. Berikut link sebagai sumber info :

a. phdma.blogspot.com

b. (account fb https://www.facebook.com/doctorat?fref=ts: مراكز الدكتوراه في الأداب والعلوم الإنسانية بالجامعات المغربية)

c. http://www.studies.ma/2016/10/madrassa-casa.html?m=1

d. http://www.studies.ma/2016/09/fod.html?m=1



3. Meminta no irsal ke AMCI untuk menanyakan ke talim ali tentang berkas kita.



4. Lalu setelah di ta’lim ‘ali berkas sudah diterima, selanjutnya ke kampus untuk mengecek kembali berkas.



5. Setelah berkas sudah diterima di kampus. Pergilah ke AMCI untuk mengambil rukhsoh sekaligus membayar 2700 MAD sebagai biaya pendaftaran dan asuransi



6. Terakhir ambil tasjil di kampus

Harus diingatkan bahwa untuk calon mahasisa asing diberikan kuota 10% dari mahasiswa maroko.



Khusus bagi CALON MAHASISWA S2 dan S3

Problem yang harus dihadapi :

1. Perbedaan waktu pendaftaran kampus dengan keberangkatan mahasiswa baru dari KEMENAG

kendala yang dihadapi calon mahasiswa yang akan mendaftar adalah antara waktu mulai dibukanya pendaftaran untuk S2 dan S3 dengan waktu pengiriman mahasiswa baru dari KEMENAG tidak sama. Jadwal pendaftaran mahasiswa baru:

- Bagi mahasiswa S2 : dari September – Oktober

- Bagi mahasiswa S3 : dari November – Desember

sementara pengiriman mahassiwa baru ke Maroko itu di bulan September sehingga tidak sinkron dan bagi mahasiswa S2 dan S3 yang sudah mendapatkan LOA dengan berat hati harus menunggu kuota berikutnya tahun depan. jika diantara kuota mahasiswa yang 15 tersebut ada yang batal berangkat, maka calon mahasiswa S2 atau S3 tersebut kemungkinan dapat mengisi kekosongan kursi tersebut di tahun berjalan tetapi itu tergantung rezeki yang bersangkutan.

2. LOA yang expired

Jika calon mahasiswa tersebut tetap ingin melanjutkan kuliah di Maroko dengan LOA yang diperoleh tahun sebelumnya. Maka pihak AMCI akan meminta LOA tersebut di up date karena sudah expired berarti si calon mahasiswa harus menemui kembali ketua jurusan tempat dia meminta muwafaqah sebelumnya, yang berarti si calon mahasiswa harus kembali lagi ke Maroko. Rumit sebenarnya sistem penerimaan mahasiswa untuk S2 dan S3 yang bukan alumni dari Maroko.



Tips dan trik :

1. Menguasai Bahasa arab, prancis dan ingris

Bagi calon mahasiswa master dan doctor dianjurkan untuk mengusai Bahasa arab, prancis dan inggris. Karena rata-rata tiap kampus memakai 3 Bahasa pengantar ini. Terlebih di Darul Hadits (cabang Kampus Qarawiyyin), pelamar harus menguasai bahasa Arab dan Perancis lisan dan tulisan



2. Siapa cepat dia dapat

Bagi calon mahasiswa yang sudah pasti pilihan kampus yang dituju sebaiknya cepat lengkapi berkas dan jangan lupa untuk dilegalisir dan segera serahkan ke pihak AMCI agar cepat diproses dan cepat keluar rukhsohnya.



3. Buat surat permohonan ditujukan ke DIRJEN KEMENAG

Buatlah surat permohonan ini agar calon mahasiswa yang berkeinginan kuliah di Maroko untuk masuk ke dalam kuota dan setelah nama-nama tersebut diterima AMCI, pengurusan LOA selanjutnya diserahkan kepada calon mahasiswa yang akan mendaftar.



4. Calon mahasiswa harus bertemu langsung dengan ketua jurusan (rois syubah)

Terkait LOA (Letter of Acceptance) atau dalam istilah di Maroko disebut Muwafaqah Mabdaiyyah, untuk Mahasiswa S2 dan S3 yang memiliki takhasus yang akan diambil oleh calon mahasiswa, maka untuk memperoleh muwafaqah mabdaiyyah ini seorang calon mahasiswa harus bertemu langsung dengan ketua jurusan (rois syubah) dari jurusan yang diminati untuk melakukan wawancara langsung dan melihat kesungguhan dari calon mahasiswa ini, artinya untuk mendapatkan muwafaqah ini tidak dapat diwakilkan. Calon mahasiswa harus dapat meyakinkan bahwa dirinya layak diterima di kampus tersebut. setelah Muwafaqah diperoleh selanjutnya menghadap dekan untuk memperoleh tanda tangan penguatan atau pengesahan bahwa memang si calon sudah dapat diterima di kampus. Namun sebagian kampus ada yang tidak memberikan muwafaqah dengan alasan tertentu, tapi jangan risau gunakan pilihan 2 dan 3.



5. Calon mahasiswa S3 membawa proposal penelitian desertasinya

Khusus untuk calon mahasiswa dianjurkan ketika menghadap Rois Syu'bah membawa proposal yang akan menjadi bahan penelitian desertasinya. Rois Syu'bah akan melakukan wawancara terkait isi penelitian yang akan dilakukan.



6. Target tembus LOA

Untuk calon mahasiswa S2 dan S3 bahwa tidak semua perguruan tinggi di Maroko menyediakan jurusan yang kita inginkan, bisa jadi jurusan yang kita inginkan pada tahun kita mendaftar tidak dibuka, Demi mendapatkan LOA kita harus memilih jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan kalau memang targetnya adalah LOA.



7. Target harus LINIER

Tapi kalau menginginkan linieritas maka terkadang mengalami kesulitan, dengan mencari kampus yang membuka jurusan yang kita ingikan atau menunggu kampus mana yang membuka jurusan tersebut namun kalau tidak ada kita harus mencari jurusan yang sedikit agak menyerempet dengan takhasus yang kita inginkan.



8. Update terus Link disini

- Untuk memudahkan pencarian informasi terkait masa dimulainya pendaftaran dan jurusan yang dibuka di Maroko, berikut ini link yang menyediakan informasi tersebut: phdma.blogspot.com, atau ;
(account fb https://www.facebook.com/doctorat?fref=ts: مراكز الدكتوراه في الأداب والعلوم الإنسانية بالجامعات المغربية)

- Link DIKTIS : http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/

- Link PBNU : http://www.nu.or.id/

- Link LPDP : http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/









Contoh Formulir Tarsyih li Takwin bi Maghrib (Permohonan Belajar di Maroko)

periode 2016-2017 yang diberikan oleh Kedutaan Maroko di Jakarta.



































































Contoh Surat Pernyataan Menerima Beasiswa dan Permohonan ke Kedutaan Maroko untuk Mengirimkan Berkas ke AMCI



KOP SURAT INSTANSI/LEMBAGA/FAKULTAS

خطاب التثبيت وتفويض ملف التسجيل



رقم:



أان املوقع أسفله _________________________، أشهد أبن االسم: ,_____________ الوظيفة: _____________ قد حصل علي املنحة االدراسية ملسلك ماسرت/دكتوراه (hapus yang tidak perlu( من قبل ________________، وألجل تيسري عمليات التسجيل ىف جامعة _______________



ابملغرب أفوض امللف للمعي ابألمر اى سفارة اململكة املغربية جباكرات رجاء وتكرما إرساله إى الوكالة املغربية للتعاون الدوي ويتكون امللف من مستندات اتلية:

.1صورة من شهادة بكالوريوس )اإلجازة( املرتمجة من طرف املرتجم القانوين احمللف

.2صورة من كشف النقاط االكادميية املرتمجة من طرف املرتجم القانوين احمللف.



.3خطاب موافقة مبدئية من املنسق ____________، بكل-__________ جامعة



.4شهادة احلصول على املنحة الدراسية من قبل وزارة .______________________

.5سرية الذاتية للمعى ابألمر.



.6شهادة التزكية من .____________________

هذا, ونشكركم على حسن مساندتكم وتفضلوا بقبول فائق التقدير واالحرتام مشفوعا ابلود واالمتنان.

______________، 2016 ___ عميد كلية __________________/



جامعة ____________

رقم التوظيف: _____________







Contoh Surat Permohonan kepada Program Coordinator (Munassiq) Program Studi Tujuan dengan Mencantumkan Berkas-Berkas yang Disertakan



من: ______________



رمق الهاتف: _______________



عنوان بريد الكرتوين:____________________

اىل فضيةل الأس تاذ احملرتم ادلكتور _______ معيد لكية _________، بـجامعة ________، _____، ابملغرب.

حتية طيبة مباركة، وبعد

س يد العميد الفاضل، أان __________ اندونـييس اجنس ية احاصل عىل شهادة _________

ختصص ____________ خرجي لكية __________ جامعة ________ برمس الس نة

اجامعية __________ بتقدير .__________

وبناء عىل رغبيت ىف متابعة دراس يت العليا بكيتمك العريقة، فانين ألمتس من حرضتمك الكرمية تسجييل بسكل

ماسرت/دكتوراه (hapus yang tidak perlu( ختصص _________ التابع لشعبة _______ بكيتمك العريقة،

حيدوين الأمل ايأس تاذي أن يوفقين هللا لنيل مرادي واضعة نصب عيين هجودمك املبذوةل ملنح املس تحقني الفرص

لدلراسة وأرجو أن أأكون أحد املوفقني ملثل هذه الفرص. وبـرفقة هذا الطلب أقدم لمك مستندات اتلية:



1. صورة من شهادة باكلوريوس )الجازة( و________ املرتمجة من طرف املرتمج القانوين احمللف.



.٢صورة من كشف النقاط الااكدميية املرتمج من طرف املرتمج القانوين احمللف.



٣. سرية علمية.



.4 شهادة احصول عىل املنحة ادلراس ية من قبل ___________ مجهورية اندونيس يا. .5 شهادة الزتكية من معيد لكية.__________________ /

وهذا، لمك مين فائق التحية وعظمي التقدير والامتنان.



_________، 2016 ____

____________

Contoh Surat Keterangan Sebagai Utusan Instansi/Lembaga/Ormas atau Rekomendasi dari Tokoh Masyarakat

KOP SURAT INSTANSI/LEMBAGA/FAKULTAS







الرقم: _____________________________





من معيد لكية _______________ جامعة ____________ اندونيس يا اىل معيد لكية __________، جامعة ______، _____، املغرب

حتية طيبة, وبعد فضيةل العميد احملرتم الأس تاذ ادلكتور _________، بعد السالم والتحيات اخالصة، أود من فضيلتمك



مد يد العون لتسجيل اب نـنا الطالب ___________ خرجي لكية ____________ جامعة

_________ مبس توى جامعي ممتزي، وذكل بسكل ماسرت/دكتوراه (hapus yang tidak perlu( ختصص



__________التابع لشعبة __________ بكيتمك العريقة وس تجدون رفقة طلبنا جسال علميا لهذا الطالب.

هذا, ونشكرمك عىل حسن مساندتمك وتفضلوا بقبول فائق التقدير والاحرتام مشفوعا ابلود والامتنان.



______________، 2016 ___ عميد كلية __________________/



جامعة ____________

ادلكتور____________________



رقم التوظيف: _____________



Referensi :

1. http://www.nu.or.id/Diakses pada Kamis, 13 Oktober 2016 jam 09.15

2. http://www.kampuscenter.com/apa-itu-beasiswa-lpdp/

3. http://www.ppimaroko.com/2015/05/informasi-beasiswa-s1-timur-tengah-2015.html



4. Interview/wawancara dari mahasiswa/i Maroko baik itu S1, S2 dan S3






3 Komentar

  1. Kira2 pembukaan pendaftaran th 2017 bulan apa min..???afwan

    BalasHapus
  2. TRIMAKASIH ADMIN...
    sangat membantu
    kalau ada saya minta prosedural diatas dalam bentuk PDF atau Word kirim muhammad_agussofian17@mhs.uinjkt.ac.id

    BalasHapus
  3. Asslm, Mba Kartika terima kasih untuk tulisannya sangat membantu.
    Mba, apakah beasiswa2 yang ditawarkan hanya dibidang keagamaan saja? Apakah ada peluang bagi ilmu sosial (sosiologi) untuk mendapatkan beasiswa ke Maroko?

    Terima kasih,
    Salam
    Fina

    BalasHapus