PPI Maroko Mengajar (Mengenal Angka dan Praktek Berhitung)




HOT NEWS!
Program PPI Mengajar : Kursus Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Bumi Maroko
Salah satu program kerja PPI yang dikomandoi oleh Departemen Sumber Daya Insani atau SDI periode 2017-2018 adalah PPI Mengajar. Pada program ini para mahasiswa Indonesia dituntut dan ditantang untuk menyalurkan bakat dan potensinya untuk mengajarkan bahasa Indonesia yang biasa mereka tuturkan kepada para penutur asing alias orang-orang Maroko itu sendiri. Dan pada hari Sabtu, 4 November 2017 kemarin, PPI Maroko sukses mengadakan pertemuan ketiga Kelas Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Bumi Maroko.
Kegiatan kursus berlangsung dengan semangat dan antusias tinggi dari para peserta kursus yang mayoritas merupakan mahasiswa Universitas Sidi Mohammed Ben Abdellah, Fes. Kegiatan ini dikomandoi oleh Anggota Departemen Sumber Daya Insani atau disingkat dengan SDI, Wian Afifi sekaligus sebagai pengajar Kursus Bahasa Indonesia tersebut.
Materi dimulai dengan pengenalan angka-angka dan berhitung, para peserta mempraktekan cara berhitung dengan bahasa Indonesia walaupun masih terbata-bata mereka sangat antusias mengulangi praktek berhitung hingga lancar tentunya dengan dipanu oleh pengajar. Materi selanjutnya yang diajarkan oleh Wiam adalah kata ganti nama (orang ke 1, ke 2 dan ke 3) para peserta juga mengerjakan latihan yang diberikan oleh pengajar tentunya agar materi yang diajarkan akan dapat dipahami lebih dalam.
Seusai materi utama yang disampaikan selesai, Wiam menyempatkan diri untuk memperkenalkan tentang budaya-budaya Indonesia serta keberaneka ragaman suku dan etnis yang hidup di bumi Pertiwi, dan betapa kayanya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu budaya Indonesia yang turut diperkenalkan tak lain adalah Tari Saman dan Tari Piring dengan mempertontonkan video dokumentasi tarian tersebut. Para peserta terlihat begitu terpukau dengan tarian tradisional yang yang berasal dari Aceh dan Minangkabau tersebut. Dipenghujung pertemuan Wiam mengajak para peserta kursus untuk bermain sedikit fun game yaitu “kepala pundak lutut kaki” serta lagu berhitung permainan ini tentunya juga bermanfaat untuk menambah kosa kata bahasa Indonesia bagi para peserta. Dan antusias para peserta juga sangat terlihat ketika mengikuti permainan ini. Para peserta terlihat begitu senang dan bahagia, atmosfer kehangatan dan kekeluargaan pun terasa karena kegiatan diiringi dengan gelak tawa para peserta.
Acara ditutup dengan membaca hamdalah sekaligus do'a dan harapan semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan yang berharga dimanapun berada. Serta PPI Maroko dapat melebarkan sayapnya untuk mengharumkan Bangsa Indonesia di kancah internasional.
Salam hangat dari PPI Maroko!
Terima kasih
Fès, 4 November 2017

0 Komentar