Surganya Mahameru


        Keindahan alam semesta yang diciptakan Allah subhanahu wata’ala begitu banyak tersebar di muka bumi ini seperti pantai dan lautan yang terbentang sangat luas,dan pegunungan yang menjulang tinggi hingga ke awan, serta kenikmatan yang begitu banyak yang diberikan kepada kita.  Salah satu nikmat yang paling dan sangat sederhana dimana kita tidak akan pernah terlepas akan kebutuhan terhadapnya adalah oksigen.setiap hari mulai dari bangun hingga akan tidur lagi kita akan selalu butuh terhadap nikmat yang satu ini, bayangkan saja jikalau Allah subhanahu wata’ala mencabut nikmat ini dari kita semua.

Betapa maha kuasa Nya Allah subhanahu wata’ala atas segala keindahan di alam semesta yang diciptakan Nya dan segala kenikmatan yang diberikan kepada seluruh makhluk hidup terutama kita sebagai manusia. Maka sudah menjadi kewajiban bagi kita semua adalah selalu bersyukur atas semua keindahan dan kenikmatan tersebut dan menjauhi sifat perusak atas segala keindahan dan kufur atas semua nikmat.

Salah satu keindahan yang tercipta adalah gunung semeru dengan segala flora dan fauna yang menunjukkan bukti kebesaran dan keagungan Allah subhanahu wata’ala. langsung cek link di bio !!

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, indonesia. Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dengan puncaknya mahameru dengan ketinggian 3676 mdpl.gunung semeru secara administratif termasuk dalam dua kabupaten yaitu kabupaten malang dan kapbuoaten lumajang. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Semeru selain merupakan puncak tertinggi di Jawa, banyak juga penduduk Indonesia yang memberinya gelar surganya Indonesia dikarenakan flora dan fauna serta tempat untuk beristirahat juga sebagai spot pengambilan foto.antara lain :

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah danau dan merupakan sumber air bagi para pendaki Gunung Semeru.biasa disebut dengan danau cinta karena bentuk lembahnya yang menyerupai hati.disini kita bisa menikamati keindahan danau dan juga menikamati sunrise dipagi hari.ranu kumbolo berada pada ketinggian 2400 m dengan luas 14 ha.

Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta terletak bersebelahan dengan ranu kumbolo. Tidak ada view atau pemandangan yang menarik disini akan tetapi terdapat mitos yang begitu banyak orang mempercayainya. Mitos tersebut adalah jikalau kita berjalan melalui tanjakan tersebut dan memikirkan seseorang yang sangat istimewa dan kita sayangi kita dan berharap bisa memilikinya,maka itu semua akan terkabul dengan syarat kita tidak diperbolehkan menoleh kebelakang sampai kita tiba diatas tanjakan tersebut.

Oro-oro Ombo

Oro-oro Ombo adalah hamparan bunga ungu yang biasa dijuluki lavender oleh para pendaki.berjarak 100 m setelah kita melalui tanjakan cinta.kita bisa menikmati view dan spot yang begitu indah tapi dengan syarat kita tidak melakukan pendakian disaat musim kemarau.tempat ini juga dikelilingi oleh lereng dan bukit yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa.

Kalimati

Kalimati berada pada ketinggian 2700 m yang merupakan padang rumput luas di tepi hutan cemara.dan terdapat juga mata air yang dijuluki sumber mani yang berjarak 1 km pulang dan pergi.disini kita bisa beristirahat sebelum melakukan pendakian ke puncak pada malam hari dan menikamati keindahan  puncak semeru yang mengeluarkan wedus gembel.

Arcopodo

Arcopodo berada pada ketinggian 2900 m dan berjarak 1 km dari kalimati.arcopodo juga merupakan tempat beristirahat sebelum melakukan pendakian menuju puncak akan tetapi jarang sekali para pendaki berkemah disini dan bahkan sekarang sudah  ditutup karena kondisi tanah yang mudah longsor dan berdebu.

Puncak Mahameru

Keinginan dan tujuan dari semua pendaki adalah untuk bisa mencapai puncak karena dapat melepas semua penat dan lelah yang dialami selama perjalanan menuju puncak.puncak gunung semeru dinamakan mahameru dengan ketinggian 3676 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di pulau jawa. Kita bisa menikmati sunrise dari atas puncak dan kita juga bia merasakan negeri diatas awan dari puncak mahameru tersebut jika kita bisa sampai disaat fajar.satu hal yang perlu menjadi catatan adalah ketika jam 10 pagi semua pendaki diwajibkan untuk segera turun karena diatas jam 10 angin muai berhembus kencang dan mengeluarkan gas beracun yang sudah memakan banyak korban.

Flora dan Fauna

Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju. Sedangkan untuk tumbuhan bawah didominir oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong dan Edelwiss putih, Edelwiss yang banyak terdapat di lereng-lereng menuju puncak Semeru. Dan juga ditemukan beberapa jenis anggrek endemik yang hidup di sekitar Semeru Selatan.Banyak fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll. Sedangkan di Ranu Kumbolo terdapat belibis yang masih hidup liar.

0 Komentar