Mingguan Menulis - Winter is Coming


Oleh: Ahmad Syamsuddin


WINTER IS COMING
              Winter is coming! Bagi para penggemar film series hasil produksi HBO yang berjudul Game Of Thrones pasti tidak asing lagi dengan jargon diatas. Perihalnya itu merupakan tema besar yang diangkat George R.R. Martin dan kawan-kawan dalam film tersebut. Film yang menceritakan lika-liku permasalahan dalam dunia kerajaan yang mengagungkan satu tempat tertinggi hingga melupakan persoalan lain yang lebih besar dari itu. Persoalan yg dimaksud adalah bagaimana teror yang akan menimpa manusia disaat musim dingin datang.

              Itulah gambaran umum dari sebuah film yang mendapatkan rating 9.5 dari situs imdb tersebut. Namun yang akan kita bahas disini adalah bagaimana musim dingin itu sendiri di kehidupan nyata? Ada apa didalamnya? Teruntuk bagi masyarakat kita di Indonesia yg terletak di bagian tropis, yang mana tidak mengenal apa itu musim dingin atau musim salju.

              Mungkin bagi  masyarakat Indonesia dan sekitarnya yang mana hanya memiliki 2 musim dalam setahun, merupakan mimpi indah bisa berlibur ke negara yang memiliki 4 musim, utamanya pada musim salju, Putih dan indah dipandang. Namun, disisi lain banyak lho warga negara yang tinggal di negara empat musim ternyata tidak menyukai hal ini. Kenapa? Disini saya ingin berbagi pengalaman hidup di negara yang mempunyai 4 musim ini.

              Pertama, waktu siang hari semakin singkat sementara jam malam yang begitu panjang. Bersyukurlah  masyarakat Indonesia, sebab langit yang gelap dipagi hari di musim dingin di negara subtropis merupakan pagi yang sangat berat, membuat banyak orang malas bangun dan beraktivitas. Cuaca yang dingin dan waktu siang hari yang semakin sekejap di musim dingin membuat orang tidak banyak melakukan apapun di luar rumah. Alhasil membuat diri selalu dibuai perasaan kantuk dan pengen cepat-cepat pulang ke rumah.

            Kedua, kulit kering. Salah satu masalah utama yang banyak orang-orang hadapi di musim dingin adalah kulit kering. Cuaca yang dingin membuat air terasa begitu menyengat, maka dari itu banyak orang yang akhirnya malas mandi di musim. Setelah keluar rumah dengan suhu yang sangat dingin, kebanyakan orang ingin mandi dengan air hangat yang nyatanya makin memperparah kulit yang kering. 

Maka dari itu, di musim dingin pelembab dan skin care yang melawan kulit dehidrasi sangat laku di pasaran sebab kebanyakan kulit orang di musim dingin gampang kering. Selain itu kulit rentan gatal ketika sedikit terkena sinar matahari atau pun berkeringat.

              Ketiga, dompet semakin menipis. Musim dingin terkadang bisa membuat dompet cepat menipis di mana banyak orang yang harus membeli pakaian tebal dan aksesoris untuk menutupi tubuh dari suhu yang dingin. selain itu musim dingin juga membuat lambung seakan  memuai dua kali lipat yang menyebabkan kita akan merasakan lapar terus menerus, dan harus merogoh kocek lebih dalam.

              Keempat, sering sakit. Dikarenakan suhu yang menurun drastis dan tubuh yang harus beradaptasi cepat dengan perubahan cuaca maka banyak orang yang akhirnya sakit di musim dingin. Penyakit yang paling sering melanda di musim dingin adalah flu, demam dan sakit kepala. Maka dari itu banyak orang yang akhirnya mengurung diri di ruangan agar tidak sakit di musim dingin.

              Itulah beberapa fakta dimusim dingin yang membuat sebagian orang yang tinggal di negara 4 musim tidak betah ketika cuaca dingin telah datang. Namun, di setiap ada kontra pasti ada pro, ketika ada negatif pasti ada positif, begitu juga ketika ada kekurangan pasti ada kelebihan. Sebagai umat muslim sendiri, musim dingin merupakan musim ibadah. Mengapa? Waktu siang yang singkat mungkin membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa dan sebaliknya, waktu malam yang panjang memperluas kita dalam mendirikan solat malam dan ibadah yang lainnya.
             




0 Komentar