Mingguan Menulis - 5 Fakta Menarik Seputar Ka'bah




Oleh: Rais May Jamhari

Bismillahirrohmanirrohim.

Makkah Al Mukarramah. Kota itulah yang sepintas terlintas di pikaran kita seketika mendengar kata “Tanah suci”. Ialah tempat yang paling mulia di dunia ini, seluruh umat islam sejagat raya menginginkan & berharap bisa tuk mendatangi tempat yang paling indah dan mulia itu. Bagaimana tidak? sebab di kota suci ini terdapat satu bangunan yang sangat fundamental & bersejarah, apalagi kalau bukan ka’bah.

Siapa umat muslim yang tidak mengenal ka’bah yang termasuk salah satu keajaiban dunia ini? Saking masyhurnya jutaan gambar berupa foto, kalender, dan lukisan di seluruh dunia memajang tempat suci umat islam ini, sehingga bagi mereka yang belum pernah pergi ke kota Mekkah pun mengetahui bentuk ka’bah melalui gambar tersebut.

Terlepas dari semua itu, yang pasti ka’bah merupakan kiblatnya umat islam di seluruh dunia. Bangunan agung yang tidak pernah sepi setiap tahunnya, baik itu berupa haji maupun umroh. Namun selain dari  itu, masih ada beberapa keajaiban dan fakta lainya tentang ka’bah yang belum banyak diketahui.

Banyak ilmuan - ilmuan yang berasal dari negeri barat telah meneliti & membuktikan beberapa keajaiban dan fakta unik yang terdapat di dalamnya. Di antaranya :

1.    Ka’bah mengeluarkan sinar radiasi.
Planet bumi mengeluarkan semacam radiasi yang kemudian di ketahui sebagai Medan magnet. Penemuan ini sempat mengguncang NASA yaitu badan antariksa Amerika Serikat. Saking manakjubkannya, radiasi tersebut bersifat “infinet (tidak berujung)” dan diketahui bahwasanya radiasi tersebut berpusat di kota mekkah tempat di mana Ka’bah berada

2.    Ka’bah sebagai zero magnetis area.
Ditengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan, ada suatu wilayah yang bernama “zero megtenizim area”. yang mana ketika seseorang mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tidak akan berfungsi atau bergerak sama sekali, hal itu disebabkan daya tarik yang sama besar antara kedua kutub. Penasaran? tempat itu ternyata adalah “Ka’bah”. Itulah sebabnya setiap seseorang yang mengelilingi Ka’bah maka seakan-akan orang tersebut seperti di “Charge” ulang oleh daya energi yang misterius dan ini adalah fakta yang telah di buktikan secara ilmiah.

3.    Ka’bah sebagai pusat bumi.
Dengan ditemukannya beberapa hasil penelitian fakta ilmiah oleh seorang ilmuan yang bernama Prof. Husein Kamel, beliau menyatakan bahwa “pusat bumi tersebut berada di kota Mekkah yaitu di Ka’bah”. Pada mulanya ia meneliti suatu cara untuk menentukan arah kiblat dari kota - kota besar di seluruh dunia. Untuk tujuan itu beliau menarik garis-garis bujur lintang pada Peta, setelah itu ia amati dengan seksama posisi ke7 benua terhadap Mekkah dan jaraknya masing-masing. Ia kagum dengan apa yang di temukan, bahwa ternyata Mekkah merupakan pusat dunia.

 4. Keajaiban hajar aswad.
Batu Hajar Aswad di dalam kepercayaan umat islam merupakan batu yang berasal dari surga yang di turunkan oleh malaikat Jibril kapada nabi Ibrohim untuk diletakkan pertama kali di Ka’bah. Batu Hajar Aswad merupakn kepingan batu yang  terdiri dari 8 keping, yang terkumpul menjadi satu dengan lingkaran perak. Batu ini memiliki aroma wangi yang unik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa batu hajar aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga dapat mengambang di atas air. Di dalam hadits Rasulullah bersabda : “Hajar Aswad diturunkan dari Surga, warnanya lebih putih dari susu dan dosa - dosa anak cucu adam lah yang menjadikannya berwarna hitam”.

 5. Warna-warni kiswah ka’bah.
Kita mengetahui bahwa ka’bah di tutupi dengan kain kiswah atau kain kelambu berwarna “hitam” dengan garis berwarna emas yang melintang, hingga sulit membayangkan apa jadinya jika ka’bah di tutup dengan kain kiswah berwarna lain. Namun faktanya sebelum kiswah ka’bah berwarna hitam seperti sekarang ini, ka’bah pernah di tutupi dengan kain kiswah dengan berbagai warna seperti: Hijau, Merah dan bahkan Putih. Tradisi penutup ka’bah berwarna hitam ini kemudian dimulai sejak zaman khalifah “Al Ma’mun” dari dinasti Abbasiyah yang simbol ke khalifahannya saat itu berwarna hitam. Maka sejak saat itu kemudian di putuskan lah bahwa sebaiknya warna kain kiswah itu tetap dari waktu ke waktu yaitu “hitam”, hingga saat ini meskipun kain kiswah di ganti setiap tahunnya tapi warnanya selalu tatap Hitam.

Setidaknya dengan adanya temuan keajaiban dan fakta menarik tentang ka’bah ini menambah keimanan kita dan semakin menambah produktifitas ibadah kita kepada yang maha kuasa.



0 Komentar