Kuliah di Maroko

Potret Maroko

Posisi geografis:

Morocco Map
Photo by vidiani.com

Al-Mamlakah Al-Maghribiyyah, Kerajaan Maroko (nama resmi) terletak di ujung utara bagian barat benua Afrika. Membentang luas dari utara, berbatasan dengan laut Mediterania, dan dari barat oleh samudera Atlantik (dengan garis pantai yang panjangnya lebih dari 3000 km), dan dipisahkan dari benua Eropa oleh selat Gibraltar (14 km). Dan berbatasan dengan Mauritania di selatan, dan Aljazair di timur. Luas daratan Maroko adalah 710,850 km2, dengan Rabat sebagai ibukota administratif kerajaan.
Maroko berada di zona waktu Greenwich, sehingga waktunya pun mengadopsi Greenwich Mean Time (GMT) atau menyamakan dengan waktu Greenwich.


Populasi 

Berdasarkan sensus penduduk dan perumahan pada tahun 2016, populasi penduduk Maroko adalah sekitar 35 juta penduduk.


Sistem Politik

Maroko merupakan sebuah negara muslim yang berdaulat, pemerintahannya berbentuk monarki demokratis, sosial dan konstitusional, diatur oleh Konstitusi tahun 1972 yang telah disempurnakan pada tahun 1980, pada tahun 1992, dan pada bulan September 1996.
rapat
Motto negara Kerajaan Maroko adalah: “Allah, Negara, Raja”. Kerajaan Maroko adalah bagian dari wilayah Maghrib Arabi. Sebagai negara Afrika, Maroko memiliki beberapa tujuan, diantaranya pencapaian kesatuan Afrika. Raja Muhammad VI merupakan raja ke-23 dari Dinasti Alwi yang telah memerintah Kerajaan Maroko sejak abad 17. Raja tidak hanya sebagai kepala negara, tetapi ia juga bergelar “Amirul Mouminine (Amirul Mukminin)” dan karenanya ia dianugerahi dengan otoritas moral dan spiritual.
Kursi Parlemen terdiri dari: Dewan Perwakilan Rakyat, dipilih melalui pemilihan umum langsung dan Dewan Pertimbangan, yang terpilih melalui pemilihan tidak langsung. Konstitusi Negara menjalankan multipartai serta kebebasan individu, serikat pekerja, dan asosiasi. Dengan demikian, Pasal 3 Konstitusi 1996 menetapkan bahwa “partai politik, serikat, asosiasi daerah, dan dewan pekerja berpartisipasi dalam organisasi dan representasi dari warga negara. Tidak akan ada sistem satu partai”. Pemerintah, yang terdiri dari perdana menteri dan menteri, bertanggung jawab kepada Raja dan DPR. Setelah pengangkatan anggota pemerintah oleh Raja, Perdana Menteri menyampaikan program yang akan dilakukan.


Tata Administrasi

Kerajaan Maroko terdiri dari 16 Provinsi yang dibagi ke dalam 18 wilayah. Yang kemudian dibagi menjadi daerah-daerah kecil dan komunitas, termasuk 1.547 komunitas perkotaan dan pedesaan.


Cuaca

Morocco Desert
Cuaca di Maroko yang paling dominan adalah di daerah Mediterania, yang meliputi bagian barat Maroko dan utara dikarenakan Samudera Atlantik dengan kelembaban yang tinggi dan sejuk dibanding wilayah lain seperti Maroko bagian tengah dan selatan dengan perbedaan suhu yang tinggi. Sementara zona Atlas utara lembab, dengan turunnya hujan dan salju pada musim dingin, sedangkan padang pasir dengan suhu yang panas mendominasi selatan Maroko. Dikarenakan Maroko berada jauh di utara garis khatulistiwa, Maroko memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dengan turun salju di beberapa wilayah dan musim semi. Namun secara umum, cuaca di wilayah Maroko ini menggabungkan musim p anas yang kering dengan curah hujan rendah dan suhu tinggi dengan musim dingin musim hujan.


Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa resmi negara. Begitu pun bahasa Perancis yang digunakan secara luas oleh penduduk Maroko. Sedangkan bahasa Spanyol, Inggris, Jerman dan Italia juga diajarkan di sekolah menengah dan tinggi serta universitas. Selain bahasa resmi dan bahasa asing, Maroko juga memiliki bahasa Darijah sebagai bahasa lokal penduduk Maroko dan bahasa Amazighiyah sebagai bahasa suku Amazigh yang biasa disebut suku Berber, penduduk asli Bangsa Maroko yang banyak menghuni di wilayah tengah dan pegunungan atlas di Maroko.

Agama

quranIslam adalah agama resmi negara, dan konstitusi negara juga melindungi praktek kegiatan agama Samawi (yang diturunkan dari langit) lainnya, seperti Yahudi dan Masehi.

Mata uang

Mata uang nasional adalah Dirham (DH), yang dibagi menjadi 100 sen. Dengan nilai tukar:
1 $ USD= 9,17 DH
1 EURO= 11,37 DH
1 DH= 1500,29 IDR

Salah Satu Warisan Kejayaan Peradaban Islam Yang Terdapat Di Maroko

Universitas Al-Qarawiyyin

(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Al-Qarawiyyin
qaraouiyine (1)
Universitas Al-Qarawiyyin atau Al-Karaouine (Arab: جامعة القرويين‎) (transliterasi dari nama lainnya meliputi Qarawiyin, Kairouyine, Kairaouine, Qairawiyin, Qaraouyine, Quaraouiyine, Quarawin, dan Qaraouiyn) adalah universitas pertama di dunia yang berlokasi di Fes, Maroko yang didirikan pada tahun 859. Universitas ini telah dan terus menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim.
Al-Qarawiyyin memainkan peran utama dalam hubungan budaya dan akademis antara dunia Islam dan Eropa pada abad pertengahan. Kartografer Mohammed al-Idrisi (w. 1166), yang memiliki peta dibantu eksplorasi Eropa pada masa Renaissance mengatakan telah tinggal di Fes untuk beberapa waktu, menunjukkan bahwa ia mungkin telah bekerja atau belajar di Al-Qarawiyyin. Universitas ini telah menghasilkan banyak sarjana yang sudah sangat mempengaruhi sejarah intelektual dan akademik dunia Muslim dan Yahudi. Di antaranya adalah Ibnu Rushayd al-Sabti (w. 1321), Mohammed bin al-Hajj al-Abdari al-Fasi (w. 1336), Abu Imran al-Fasi (w. 1015), teoritikus terkemuka dari mazhab Maliki hukum Islam, Leo Africanus, seorang pengelana terkenal dan penulis, dan Rabbi Moshe ben Maimon.
Institusi Al-Qarawiyyin dianggap oleh buku Guinness, UNESCO dan banyak sejarawan sebagai universitas pemberi gelar akademik tertua yang masih beroperasi di dunia. Namun, klaim ini ditentang oleh sejarawan lain yang menganggap bahwa universitas-universitas abad pertengahan di dunia Islam dan universitas Eropa abad pertengahan diikuti lintasan sejarah sangat berbeda sampai sebelumnya diperluas untuk yang terakhir dalam zaman modern, dan sertifikat yang disampaikan dalam universitas non-Eropa menyimpang dalam konsep dan prosedur dari doktoral abad pertengahan di mana gelar universitas modern berevolusi.
Pada tahun 1947, Universitas Al-Qarawiyyin direorganisasi menjadi universitas modern

0 Komentar