PPI Mengajar

IMG_0727
PPI Mengajar oleh Syauqi Arinal H.
Salah satu program kerja PPI yang dikomandoi oleh Departemen Sumber Daya Insani atau SDI adalah PPI Mengajar. Pada program ini para mahasiswa Indonesia dituntut dan ditantang untuk menyalurkan bakat dan potensinya untuk mengajarkan bahasa Indonesia yang biasa mereka tuturkan kepada para penutur asing alias orang-orang Maroko itu sendiri. Kegiatan ini juga merupakan kerja sama antara PPI Maroko dan universitas di Maroko. Mulai dari tahun 2017, PPI Maroko telah mengadakan beberapa Kelas Bahasa Indonesia bagi penutur asing di Bumi Maroko, tepatnya di Kulliyyah Syari’ah Universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah kota Fez.
Para anggota PPI Maroko yang turun langsung sebagai pengajar di Kelas Bahasa Indonesia di kota Fez adalah Syauqy Arinal Haqq yang pada waktu itu juga merupakan koordinator dari Departemen SDI PPI Maroko untuk periode 2017/2018, dan juga Wiam AAS yang merupakan pengurus PPI Maroko periode 2017/2018 di Departemen SDI juga.
Materi dimulai dengan latihan membaca dan panduan cara merangkai kalimat, lalu pengenalan dan praktek percakapan dasar sehari-hari serta tak lupa tambahan kosa kata. Para peserta terlihat begitu bersemangat mengikuti apa yang dikatakan mentor sambil terbata-bata.
Seusai materi utama yang disampaikan selesai, Syauqy menyempatkan diri untuk memperkenalkan tentang budaya-budaya Indonesia serta keberaneka ragaman suku dan etnis yang hidup di bumi Pertiwi, dan betapa kayanya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu budaya Indonesia yang turut diperkenalkan tak lain adalah Angklung. Para peserta terlihat begitu terpukau dengan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu tersebut. Syauqy mengadakan tatacara dan pelatihan singkat cara memainkan Angklung dan pada akhir pertemuan mereka semua memainkan Angklung bersama dipimpin oleh Syauqy. Para peserta terlihat begitu senang dan bahagia, atmosfer kehangatan dan kekeluargaan pun terasa karena kegiatan diiringi dengan gelak tawa para peserta. Dan banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang di sampaikan melalui PPI Mengajar ini.
Untuk edisi selanjutnya, PPI Mengajar akan di adakan di kota Marrakech, yang di koordinir langsung oleh Mahasiswa Indonesia di Marrakech, yang sedang menempuh studi S1nya di Universitas Cadi Ayyad, ialah Ziyan Al-Ghifary yang juga merupakan pengurus PPI Maroko Departemen SDI periode 2018/2019. Semoga dengan ini  PPI Maroko dapat melebarkan sayapnya untuk mengharumkan Bangsa Indonesia di kancah internasional. Nantikan terus berita menarik selanjutnya dari PPI Mengajar.
Salam hangat dari PPI Maroko!

0 Komentar