BON DECEMBRE, BON HIVER

Kurniawati Meliana Ningrum*
Musim dingin memang dingin, dan agar kita tidak kedinginan.. Dari Nia Meylia, Mahasiswi yang sedang merampungkan S1 nya di Unv. Ibu Tufail Kenitra.. memiliki tips dan kiat agar kita tetap enjoy dan tidak kedinginan di musim dingin ini...
CeKidOooOt !!!!!!

BON DECEMBRE, BON HIVER

Salam sejahtera semoga masbro dan mbakbro yang berada diseluruh penjuru kota Negeri Senja selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Sudah hampir dua minggu kita lewati hari-hari mendung syahdu nan romantis yang membuat suasana semakin galau (*eaaa cucian nggak kering-kering) atau ada bayangan yang selalu melintas dipikiran (hantu maksudnya) atau mungkin ada yang nulis dengan hastag “‪#‎wishdecembre‬” dan sudah hampir dua minggu saya menuliskan kata “dingin” di media sosial (sedikit alay) seiring semakin rendahnya suhu menukik tajam mendekati angka nol derajad celcius. Inilah Desember! Bulan ke duabelas dalam tanggalan syamsiyah dan bertepatan dengan awal musim dingin yang mana menjadi patokan akan berakhirnya tahun ajaran semester ganjil di universitas masing-masing.

Biasanya perubahan cuaca yang ekstrim dari hangat ke sedikit dingin (belum dingin sekali) itu banyak membuat perubahan di dalam diri kita. Sering kulit menjadi kering dan keriput, atau tulang yang tiba-tiba nyeri, bibir pecah-pecah, flu, masuk angin, dan lain sebagainya. benar atau tidak? Walau terkadang banyak yang cuek atau tidak peduli dengan hal tersebut (biasanya para masbro) entah disadari atau tidak, itu akan menjadi hal yang besar jika tidak di antisipasi dengan segera.

Disini saya bukan ingin untuk promosi ataupun jualan online, akan tetapi saya akan memberi tips-tips menghadapi musim dingin sejak dini. Kan biasanya bulan desember identik dengan persiapan ujian, jadi sebutlah istilahnya menjadi tips untuk menjaga kesehatan. Sakit memang sudah menjadi kehendak Allah, setidaknya untuk mengantisipasi agar kesehatan selalu terjaga. Tidak usah berlama-lama, inilah beberapa tips yang bisa saya share berdasar pengalaman saya :

^^^^^^^^^^Memakai pakaian musim dingin atau sering di sebut baju monyet
Baju monyet ini biasanya dijual dimana saja ketika musim dingin datang. Cari baju monyet yang pas badan, bukan yang kegedean maupun kekecilan. Sebab fungsi baju monyet in memang nempel dengan badan agar kulit tertutup rapat sehingga suhu badan tetap terjaga. Juga bukan yang sempit, karena badan kita juga harus bernafas dan tidak menimbulkan rasa yag kurang nyaman ataupun sesak.

^^^^^^^Memakai jaket dan syal
Jaket atau sweater sangat diandalkan untuk menjaga agar suhu badan tetap hangat. Cari jaket yang tebal. Bukan jaket tipis abal-abal yang buat gaya-gayaan saja. Biasanya juga dijual di toko mana saja ketika musim dingin telah datang.
Syal berfungsi untuk melindungi leher dari terpaan angin musim dingin agar terhindar dari masuk angin. Karena leher adalah jalan angin untuk masuk kedalam tubuh kita. Sehingga badan akan menjadi meriang setelah diterpa angin musim dingin.

^^^^^^^^^Sepatu atau alas kaki yang menutup kaki
Jangan sandal jepit swallow yang paling kece untuk ukuran kaki orang indonesia. Boot misalnya atau converse atau apa saja yang sekiranya alas kaki yang benar-benar menutup seluruh permukaan kaki. Sebab kaki adalah bagian tubuh yang sangat riskan untuk berhubungan langsung dengan udara dingin. Dan juga, kaki adalah bagian tubuh yang mana kulit dan tulang mempunyai jarak yang sangat dekat. Jika kita tidak menutupnya dimusim dingin seringkali tulang kaki terasa linu.

^^^^^^^^^Pelembab kulit
Ini adalah hal kecil yang selalu diremehkan oleh masbro ataupun mbakbro. Dimusim dingin ini kulit kita akan berubah menjadi kering ataupun bersisik (bukan ultraman ataupun monster loh ya). Ketika kulit sudah menjadi kering dan terus dibiarkan tanpa diberi pelembab maka apa yang akan terjadi pemirsa? Maka kulit akan sobek yang sering kita sebut “pecah-pecah” umumnya terjadi pada telapak kaki ataupun jari-jari tangan. Dan jika kita sudah pada tahap pecah-pecah, maka kita akan merasakan sakit dan sembuhnya pun akan memakan waktu sedikit lama. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk memakai pelembab disaat musim dingin tiba sebelum terjadinya kulit pecah-pecah

^^^^^^^^^^Pelembab bibir atau lipbalm atau lipgloss
“ngga mau ah, kan kita cowok?” itu pasti yang terlintas ketika para masbro membaca tulisan “pelembab bibir”. Tapi itu juga hal sepele yang perlu kita perhatikan. Dimusim dingin, bibir adalah bagian yang tidak tertutup oleh baju. Terkadang jika kita berada diluar rumah, dan udara terus menerpa bagian wajah kita, maka bagian yang sangat riskan adalah bibir. Kita memang seringkali tidak sadar, tiba-tiba bibir sudah mengeluarkan darah. Pasti tengsin dong kalau dilihat sama cewek cantik ataupun cowok ganteng (hehehe).
Pelembab bibir sering kita jumpai di pharmacie atau di toko-toko terdekat dan juga dijual dengan berbagai merk dengan harga yang terjangkau. Tenang saja untuk para masbro, ngga usah khawatir dengan warna pelembab bibir. Sebab juga ada pelembab bibir natural alias tidak ada warnanya. Jadi ngga akan ada yang merhatiin kalian memakai pelembab bibir atau engga.

^^^^^^^^^^Perbanyak minum air putih
Air putih adalah obat paling manjur untuk menjaga kelembapan kulit dan juga untuk menjaga daya tahan tubuh dari dalam. Tidak hanya dimusim dingin saja. Tetapi didalam kehidupan kita. Seringkali kita malas untuk memperbanyak minum air putih di musim dingin dengan alasan sering ingin buang air kecil. Akan tetapi, air putih juga menjadi kebutuhan untuk memenuhi cairan dalam tubuh dan mencegah terjadinya hipotermia ketika udara usim dingin terus menerpa tubuh kita.

^^^^^^^^^Perbanyak makan buah yang mengandung vitamin C
Itulah sebabnya jeruk atau stawberry berbuah dimusim dingin. Vitamin C adalah vitamin yang sangat kita butuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat. Didalam jeruk atau strawberry pun terdapat kandungan zat besi yang berguna untuk menjaga daya dahan tubuh.
Jika tidak suka jeruk bisa diganti dengan vitamin instan yang dilarutkan didalam air. Biasanya vitamin C instan dijual di pharmacie-pharmacie seantero negeri senja. Jadi jangan kuatir untuk sulit membelinya. Dan tentu kita mengocek kantong lebih dalam dibandingkan jika kita membeli jeruk.

Dan itulah tadi beberapa tips yang bisa saya bagi dengan masbro dan mbakbro. Sebetulnya banyak hal yang bisa kita lakukan dimusim dingin untuk menjaga kehangatan tubuh. Misalnya : Menyeduh kopi sambil ngerokok (kurang baik untuk kesehatan paru-paru perokok aktive maupun pasive), ataupun minuman yang hangat-hangat seperti wedang jahe, energen (bisa beli di koperasi ppi maroko), perbanyak makan (tidak dianjurkan untuk yang sudah gendut seperti saya), membungkus tubuh dengan selimut tebal, duduk termenung didepan pemanas (bagi yang mempunyai pemanas) dan lain sebagainya.


Menjaga kesehatan itu lebih baik daripada mengobati penyakit. Musim dingin, musim ujian itu musim galau yang mana para penyakit sudah memata-matai kita dan mencari waktu untuk bisa menyerang tubuh kita secara tiba-tiba. Semoga tulisan ringan yang saya buat bermanfaat untuk masbro dan mbakbro dimanapun anda berada. Selamat menjalani hari-hari dimusim dingin dengan tubuh sehat. Bon Decembre bon hiver. Welcome decembre and winter! ^^

*Kurniawati Meliana Ningrum, adalah mahasiswi yang sedang merampungkan studi s1 nya di universitas ibnu Toufail Kenitra- Maroko

PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar