International Friendly Match, Batu Loncatan PPI Maroko untuk SEAS GAMES 2015



Olahraga adalah salah satu wadah yang dimanfaatkan oleh PPI Maroko sebagai program kerja yang sangat diprioritaskan pelaksanaannya, terutama bagi pengurus masa bakti tahun 2014/2015.

Belakangan ini, Departemen Orseni sedang menggalakkan olah raga bersama antar pelajar Indonesia, tepatnya satu pekan setelah pelantikan pengurus PPI 2014/2015 yakni mulai pekan lalu. Terbaru, atas nama persahabatan, pertandingan sepak bola antar negara pun digelar pada hari Sabtu yang lalu (30/8/2014). Kali ini, giliran pelajar Thailand yang diundang.

Menjalin ukhuwah melalui olahraga
Begitulah tema yang diusung untuk mengadakan pertandingan persahabatan ini. Sehingga jelas pula hasil di akhir bahwa silaturahmi dan hubungan diplomasi antara perhimpunan pelajar masing-masing negara semakin erat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua PPI Maroko 2014/2015, Ust. Afif Husein, Lc. Meskipun dari pihak TSAM (Perhimpunan Pelajar Thailand di Maroko) hanya dihadiri oleh beberapa perangkat organisasinya yang mewakili, tapi dialog ringan dan ramah tamah berlangsung hangat menunjukkan eratnya hubungan antar pelajar dari dua negara ini.

Selain sepak bola, cabang olah raga lainnya juga diagendakan dalam kegiatan olahraga ini. Seperti bola voli dan badminton. Salah satu tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar PPI Maroko dapat mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan mental para pelajar Indonesia dalam berpartisipasi pesta olah raga pelajar antar negara ASEAN di Maroko atau lebih dikenal dengan SEASGAMES. Sekaligus bisa mendapatkan gambaran secara singkat kemampuan lawan yang nantinya akan dihadapi di SEASGAMES. Dan pada tahun 2015 Indonesia berkesempatan menjadi Penyelenggara, sehingga beban yang diemban akan terasa lebih berat daripada hanya menjadi partisipan saja.

Maka dari itu, international friendly match merupakan acara yang telah menjadi agenda wajib bagi Dept. ORSENI pada tahun ini. Kegiatan ini diawali tepat pukul 07.00 AM dengan pemanasan jalan santai yang dimulai dari sekretariat PPI Maroko dan diakhiri di lokasi pertandingan di Hay al-Khair. Setibanya di lokasi, para pelajar Indonesia disambut hangat oleh pelajar Thailand yang telah tiba di lapangan. Kemudian, kedua kubu langsung bermain sepak bola dalam formasi campuran antara kedua negara untuk sekedar warming up. Barulah kemudian dilaksanakan pertandingan head to head antara Indonesia dan Thailand.

Banyak hasil dan kesimpulan yang dapat ditarik dari pertandingan ini. Terlihat bahwa dari segi kemampuan, kesiapan mental, dan stamina Indonesia masih berada di bawah Thailand. Dan itu harus diakui, untuk saat ini. Dengan rasio gol 1:3 untuk Indonesia, PPI harus segera berbenah, mengatur strategi, dan mengambil sikap tegas guna menyukseskan program juara umum di ajang SEASGAMES mendatang. Dengan rasa penuh tanggung jawab dan rasa memiliki, kendala yang dihadapi oleh PPI Maroko akan mudah diatasi.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, banyak yang bermain mewakili PPI adalah para alumni yang beberapa dari mereka tak lama lagi akan kembali ke tanah air. Sehingga wajar muncul sikap pesimistis dari salah satu anggota Dept. ORSENI. Khususnya untuk cabang olahraga sepak bola. Ia mengatakan bahwa hampir tidak ditemukan celah kelemahan dari tim pelajar Thailand ketika bermain sepak bola. Solid dan kompak antar pemain yang mereka tunjukkan, telah membuktikan kepada timnas Indonesia bahwa mereka disiplin ketika berlatih dan bermain sepak bola. Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa tim Thailand sangat unggul untuk cabang olahraga sepak bola. Dengan demikian pula, para pelajar Indonesia harus berkaca dan banyak mengambil pelajaran dari kegiatan ini.

Tapi rasa optimis harus terus dipupuk. Masih banyak cabang olah raga yang menjadi andalan Indonesia nantinya di SEASGAMES. Seperti olahraga bulutangkis, tenis meja, dan voli putra/putri. Dengan latihan dan usaha yang maksimal yang disertai doa, Insya Allah target juara umum tidak mustahil bagi PPI Maroko di SEASGAMES VII 2015. Dukungan penuh baik itu berupa dukungan moral ataupun materi dari masyarakat Indonesia di Maroko ataupun tanah air sangatlah mempengaruhi kesuksesan penyelenggaraan SEASGAMES VII. Karena nama baik Indonesia yang akan dipertaruhkan di pesta olah raga pelajar tersebut.

PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar