Yahudi - Maroko Dalam Kilasan Sejarah

Apa kata anda ketika mendengar yahudi di maroko? . Tentunya bagi kalian yang sudah tinggal di maroko sudah biasa. Biasa dalam arti sudah sering mendengar dan melihat bekas bangunan orang yahudi di negeri seribu benteng ini. Namun , bagi kalian yang belum pernah menginjak kakinya di maroko tentunya asing. Asing karena negara yang notabene kerajaan islam ini mempunyai kebijakan khusus mengenai orang yang memeluk agama ini. bahkan , satu diantara penasehat Raja Muhammad VI sekarang yang bernama Andre Azoulay adalah orang yahudi [1]. Ada juga yang lain yaitu Menteri wisata Serge Berdugo[2],Penanggungjawab keuangan parlemen Joe Ohana.

Yahudi Maroko bisa disebut juga sebagai orang asli maroko yang memeluk agama yahudi. Dari nenek moyang sampai sekarang mereka tetap menjaga dan memeluk satu diantara agama samawi ini. Bisa diketahui keberadaan mereka dengan adanya bekas perkampungan yang dinamakan Mellah. Hampir di setiap kota besar di maroko pasti ada Mellah ini. pada tahun 1940M yahudi maroko mencapai sekitar 250,000 jiwa. Tapi, kemudian mereka hijrah ke Israel dikarenakan ajakan zionis internasional untuk menetap ditanah yang dijanjikan tuhan itu.

Dalam literatur sejarah disebutkan , Yahudi merupakan orang asing pertama yang menginjak kakinya di bumi Magrib[3] . seperti yang dikatakan oleh sejahrawan Hayim Azzaafarani “ Bahwa sesungguhnya nenek moyang yahudi itu sudah dikenal sejak zaman dahulu kala, dan merekalah orang pertama selain orang barbar yang datang ke Magrib, dan sampai sekarang masih hidup dinegara ini [4]”. Dan dikuatkan oleh pendapat Ibrahim harakat “ kedatangan mereka (yahudi) ke utara afrika itu secara bergelombang, dan awalnya adalah suku Finiqi. Sejatinya, yahudi sudah menetap dan hidup bersama dengan kaum islam dalam kurun waktu yang lama[5] “.

Dalam sumber lain menyebutkan, mereka datang ke maroko pada tahun 586 SM secara bergelombang alias sedikit demi sedikit. Sampai pada suatu saat mereka datang secara besar-besaran ke maroko pada tahun 1492M dari spanyol dan 1497M dari Portugal setelah diusir kerajaan kristen spanyol. Dan mereka berpencar ke seluruh kota di Magrib Al Aqsha. Sekaligus memainkan peran perekonomian di kerajaan-kerajaan yang mereka tinggali, mulai dari kota Fez, Sijilmasah, Asafi dll.
Yahudi maroko dari asal usul nenek moyangnya dibagi dua. Yang pertama yaitu yahudi Maourchim (المغوراشيم) yang dalam bahasa ibrani berarti orang pelarian. Mereka sejatinya adalah orang yahudi spanyol. Dan yang kedua adalah yahudi tayabim (الطشابيم) mereka adalah yahudi asli maroko yang sudah tinggal di negeri ini dalam kurun waktu yang lama. Yaitu sejak sebelum kedatangan orang islam di maroko.

Tapi, ada sebagian orang menyatakan bahwasanya tayabim ini datang dari timur. Mereka datang dari Alquds pada tahun 70SM. Karena pada tahun itu, Alquds dikuasai oleh Kaisar Titus Vespasianus Flavius [6]. Mereka datang ke afrika bersamaan dengan kabilah cartania (قرطاج). Tapi, ada juga yang menyebutkan golongan ini datang dari selatan , tepatnya dari kerajaan Ghana pada tahun 320 SM.
Sekarang kita bisa temukan ada 35 tempat peribadatan yahudi di Maroko. Dan yang paling besar ada dikota Fez,dengan nama peribadatan terkenal  Ibn Danan Synagogue [7]. Adapun dari kota lain adalah Essouira, Ouzzane, Marakech, Taroudant, Chefrou, Oujda, Tetouan.

Dari presentase kependudukan kerajaan Maroko menyebutkan ada sekitar 10,000 jiwa orang yahudi. Mereka tersebar di seluruh kota di maroko. Paling banyak ada dikota Casablanca. Dan presentase ini semuanya tidak menetap di maroko, malahan hanya setengahnya saja alias sekitar 5000an jiwa. Selebihnya ,mereka tinggal di luar negeri.

Bagi mereka yang tinggal di luar maroko kebanyakan mereka mempunyai dua kewarganeraan. Dan maroko adalah yang kedua. Sebab, pada tahun 1976M kerajaan Maroko menerapkan kebijakan bahwa orang yahudi yang hijrah pada tahun 1919-1947M[8] keluar negeri masih dikasih kewarganeraan maroko.

Tapi, menurut pendapat Organisasi Amerika Urusan Agama dan Hak sipil pada tahun 2010M menyebutkan ada sekitar 0,2% dari penduduk maroko yahudi. Yakni, sekitar 70,000 jiwa dari penduduk maroko keseluruhan sekitar 35 juta jiwa.

Sulitnya data yang dijumpai dalam negara ini, menurut saya dikarenakan dalam kartu tanda penduduk ( KTP ) maroko tidak menyantumkan agama. Dalam artian tidak sama seperti di Indonesia yang mana disana disebutkan agama. Misalnya si A Islam, si B Kristen dll. anehnya, ketika saya bertanya kepada orang maroko mengenai kolom agama ini mereka menjawab “ sudah terkenal,bahwa penduduk maroko semuanya islam, jadi kenapa harus menyantumkan ? “.

Orang yahudi selalu memainkan peran dalam sejarah maroko. Mulai dari perannya dalam kiprah perekonomian negara, keagamaan,politik,pendidikan dll. dari segi agama misalnya, mereka termasuk orang yang menjaga situs-situs warisan nenek moyangnya. Dan menjaga sistem pendidikan,ziarah kubur, festival-festival , dan hari besar yahudi. Dan perlu untuk disebutkan,bahwasanya ada sekitar 612 kuburan wali menurut yahudi. 214 kuburan diantaranya ada di pegunungan Atlas besar , 102 di garis pantai maroko,dan 32 di Dara dan Chogrou [9].

Dari segi perekonomian, orang yahudi juga termasuk orang yang memainkan peran besar dalam kerajaan maroko. Terbukti dengan adanya perhatian mereka terhadap industri tradisional dan kerajinan tangan. Dan semua itu kembali kepada pembelajaran agama mereka yang menitikberatkan bahwa setiap orang yahudi harus mengajari anaknya kerajinan tangan sejak kecil. “ memberi pelajaran kepada anak laki-laki termasuk pekerjaan dari berbagai pekerjaan wajib, fardu syari.. secara umum, bapak akan mengajari anak mereka dengan pekerjaan pengrajin emas dan tukang kayu [10]“. Dan sebab kedua adalah perhatian mereka terhadap kerajinan tangan seperti pengrajin emas dan perak.

Orang yahudi sering memonopoli bahan-bahan mentah berupa emas dan perak. Terutama dalam pertambangan-pertambangan waktu itu. tapi sebenarnya adalah orang islam sendiri yang menyediakan kesempatan bagi mereka untuk menimbun barang ini demi melaksanakan kepercayaan agama mereka. Seperti yang dikutip oleh pakar Hassan Ouazzani “ tidak mungkin bagi setiap orang islam untuk mengerjakan tukang emas dan perak, karena dikatakan bahwa jika menjual hasil karya emas dan perak dengan harga yang tinggi dengan timbangan emas yang sama dikatakan riba, tapi, raja memperbolehkan pekerjaan ini kepada orang yahudi demi menjalankan akidah yang dianutnya [11]“.

Dari segi pertanian , orang yahudi pun tidak ketinggalan. Mereka juga mempunyai banyak ladang sawah yang digarap. Terbukti dengan produksinya berupa berbagai buah-buahan ,sayur-sayuran,dan pepohonan. Jumlah mereka yang ikut andil dalam pertanian ini sedikit,dikarenakan kebanyakan bergelut di bidang perdagangan. “ tidak adanya keamanan yang menjadi sebab utama, dan sebab lainnya adalah kembali kepada cara berpikir orang yahudi bahwa pertanian itu butuh tenaga yang kuat dan lama, tapi menghasilkan uang sedikit,dan ini juga membuang-buang waktu lama [12]
Dalam suatu hadits Nabi Muhammad SAW menyebutkan “ Hendaklah kamu berdangang, karena didalamnya terdapat 90% pintu rezeki”. Ternyata sangat diamini oleh orang yahudi ini.

Dan menurut saya pribadi, apa yang ada di maroko sekarang mulai cara menjaga situs-situs agama, kerajinan tangan mulai yang terbentuk dari emas dan perak itu sedikit banyak terpengaruh dari orang yahudi. Disebabkan dengan pergaulan mereka dengan orang islam selama berabad-abad. Walaupun, dari kerajinan itu sekarang berpindah tangan kepada orang islam, dan orang yahudi sekarang sudah banyak yang hijrah ke Israel.

Dan hanya sedikit pengetahuan, bahwa bendera maroko dahulunya adalah bintang segi enam ( baca: bintang david ). Terutama pada pemerintahan dinasti Alawiyyin Sultan Muhammad 4 ( 1830-1873M ). Sampai pada akhirnya, setelah prancis meninggalkan negara ini kemudian bendera diganti menjadi segi lima.


Doi yang bernama lengkap fakih abdul aziz asal kudus ini, adalah mahasiswa S1 Univ. Muhammad V Rabat.



Referensi :
1.       حاييم الزعفراني : ألف سنة من حياة اليهود بالمغرب ( تاريخ – ثقافة- دين) ، الطبعة الأولى 1987 م الدارب البيضاء ، ص 9
2.      إبراهيم حركات : المغرب عبر التاريخ : ج 1 الطبعة الثانية 1984 م ، دار الرشاد الحديثة ، ص 56
3.      جريدة الإتحاد الإشتراكي : السبت 29 يناير 2000
4.      Wikipedia






[1] Lahir 17 April 1941 M, di Essouira,Maroko. Salah satu politikus kawakan yahudi maroko, berasal dari kabilah Barbar. Terkenal sebagai Bankir besar di Prancis dan sekarang menjabat sebagai salah satu penasehat kerajaan Maroko sejak tahun 1990M  zamannya Sultan Hassan 2 sampai sekarang. Mendapat gelar Doktor HC dari Universitas Ben-Gurion University,Israel atas jasanya sebagai pererat hubungan antara orang Arab dan yahudi di Afrika Utara. Statemennya yang terkenal adalah “kita (yahudi) tidak akan hilang, tidak akan musnah dari maroko, kita dan negara ini sama-sama mempunyai sejarah panjang” yang diucapkan ketika Konferensi “Yahudi Maroko sekarang dan Maroko kedepan ” pada tanggal 23 Oktober 2009.
[2] Lahir 1938 M di Meknes , salah satu politikus yahudi maroko yang menetap di Casablanca,berkuasa penuh didalam Bank Nasional Maroko sejak tahun 1964M -1968M . dan pada tahun 1970 sebagai Direktur perusahaan Dirosaat wattamsiliyah walmusahamaat assinaiyah . 1979M sebagai duta yahudi dari maroko dalam Muktamar Internasional Yahudi sedunia.
[3] Magrib dalam artian zaman dahulu atau Almagribil Aqsha yaitu daerah yang mencakup Libya,Tunisia,Aljazair ,Maroko,Mauritania dll.
[4] Hayim Azzafarani : Seribu tahun Yahudi Maroko ( Sejarah-budaya-agama ), cetakan pertama 1987, Casablanca, Hal. 9
[5] Ibrahim Harakat, Maroko dalam sejarah, Juz 1 , cetakan kedua 1982 , Dar rachad , Hal.. 56.
[6] Titus Verpasianus Flavius adalah salah satu kaisar Romawi yang berkuasa mulai 13 September 81SM- 30 Desember 39SM ). Sebagai kaisar kesepuluh ,yang menggantikan ayahnya kaisar vespasian.
[7] Sinagog ini dibangun pada masa sultan Rachid bin Ali Charif pada tahun 1666M , yang mana tujuan daripada pembangunan ini adalah untuk menarik yahudi Essouira untuk datang ke fes dalam rangka membangun ekonomi negara ini. telah di renovasi pada tahun 1870M dan 1996M. Dan sekarang tercatat sebagai peninggalan sejarah dan diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1999M. Sinagog ini adalah terbesar se-Afrika Utara sekarang.
[8] Pada tahun ini, banyak daripada orang yahudi yang hijrah ke luar negeri. Dan sasaran yang paling utama mereka adalah ke Israel.
[9] Koran Ittihad Ichtiraki , Sabtu 29 Januari 2000 , Halaman 15
[10] Hayim Azzafarani, Hal... 84.
[11] Hassan Ouazzan, Hal 219..
[12] Hayim Azzafarani, hal 120.

PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar