Madrasah Bu'naniyah Bukti Kejayaan Intelektual Dinasti Marinid


Tepatnya disuatu sudut kota tua Fès ( Fès El Bali ) disebelah timur laut gerbang Boujloud, pada masa dinasti Marinid salah satu dinasti dibagian barat Islam yang sekarang meliputi Maroko Aljazair dan Andalusia mulai dibangun sebuah madrasah oleh Sultan Abu Inan Al Marini pada tangal 28 dibulan Ramadhan pada tahun 750 Hijriah atau 1350 Masehi dan diselesaikan diakhir bulan sya'ban pada tahun 756 Hijriah atau 1355 Masehi. Madrasah ini dinamai dengan Madrasah Bu'naniyah dinisbatkan kepada pendirinya Sultan Abu Inan Al Marini.
Madrasah ini juga dibangun agar menjadi masjid jami' dalam satu waktu, jadi selain dilakukannya kegiatan belajar mengajar juga dilaksanakan sholat lima waktu dan sholat Jum'at. Bangunan madrasah ini meliputi teras, masjid, dua ruangan untuk asrama, kantor administrasi, dua ruangan untuk tempat wudhu' serta kamar mandi dan satu menara untuk dikumandangkan nya suara adzan.
Madrasah ini merupakan salah satu madrasah yang termasyhur pada masanya, tidak hanya menyimpan kekayaan intelektual akan tetapi menyimpan keyaan seni arsitektur, dapat dilihat dari pintu dan dindingnya terdapat ukiran dan ornamen yang sangat indah juga dibagian diterasnya terdapat jam air yang masih berfungsi hingga hari ini.
Walaupun Madrasah Bu'naniyah pada saat ini sudah tidak dioperasikan lagi, kita masih dapat melihat jejak bahwa peradaban Islam memiliki kekayaan intelektual dan kemajuan dalam segala bidang. Dinasti Marinid juga dikenal sebagai pelopor kemajuan ilmu pengetahuan karena mereka banyak membangun madrasah-madrasah diantaranya Madrasah Bu'naniyah yang melahirkan banyak ulama Islam dan juga apresiasi mereka terhadap para ulama dan ilmu pengetahuan sehingga jasa-jasa terhadap kemajuan Islam masih dikenang hingga saat ini. Kota Fès sendiri juga dikenal dengan kota intelektualitas dan spiritual karna banyak ulama yang lahir darinya dan juga terdapat universitas tertua di dunia yaitu Universitas Al Qarawiyyin yang masih aktif hingga hari ini.
Dari sejarah ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa peradaban Islam pernah mencapai puncak kejayaannya dimana pada saat itu mereka sangat peduli dengan ilmu pengetahuan, karena para pendahulu kita menyadari bahwa kemajuan suatu peradaban tergantung pada kemajuan ilmu pengetahuan dan Allah subhanahu wa ta'ala juga telah berfirman pada wahyu yang pertama kali diturunkan "baca lah dengan nama Rab mu yang telah menciptakan" melaluai ayat ini Allah memerintahkan kita untuk membaca yang mana menbaca merupakan cara untuk belajar artinya Allah memerintahkan kita untuk belajar dan menimba ilmu, karena itu janganlah kita patah semangat dan jemu dalam belajar dan menuntut ilmu. Mari kita bangkitkan kembali pedaban Islam dengan ilmu pengetahuan.
- The Madrasa Bou Inania is a madrasa in Fès, Morocco, founded in AD 1350–1355 by Abu Inan Almarini It is widely acknowledged as an excellent example of Marinid architecture.
"Avanced civilization depent on its education"
‎- المدرسة البوعنانية بفاس، أسسها السلطان أبو عنان المريني ما بين ١٣٥٠-١٣٥٥، تعتبر من أشهر مدارس فاس و المغرب فبالإضافة إلى دورها كمؤسسة لتعليم وإقامة الطلبة، كانت تقام فيها صلاة الجمعة. وهي تتوفر على صومعة جميلة البناء والزخرفة إضافة إلى ساعة مائية (مكانة) تقنية تشغيلها مجهولة.
‎"تقدم الحضارة على حسب اهتمامها بالتعليم"
Captured by: Usamah Aljihadi

PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar