![]() |
Oleh Mahdy Dzul Fadlol |
Mas, iki tahun terakhir sampean nang pondok kan?. (Ini tahun terakhir
kamu di pondok kan ?), nggeh Bah (iya Bah), jawabku dengan bahasa Jawa
halus. Yowes sesok melok khidmah mbantu-mbantu nang ndaleme Yai wae, mondok iku
yo kudu di selingi khidmah ben barokah ilmune (Yasudah besok ikut khidmah
(baca:mengabdi) ikut bantu-bantu di kediaman Kiai saja, mondok itu ya harus di
selingi khidmah juga biar barokah ilmunya), aku pun tanpa membantah langsung
mengiyakan apa yang di katakan oleh Abah.
Khidmah, mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para santri, karna
khidmah merupakan salah satu cara meraih keberkahan ilmu, dan karena sejatinya
memang santri perlu untuk berkhidmah agar keberkahan selalu mengucur padanya. KH. Ubaidillah Faqih Langitan berkata: Berkhidmahlah, karena dengan
berkhidmah murid dan guru akan sambung (saling terikat), dan dengan berkhidmah
pula kelak santri akan menjadi ganti dari guru yang di khidmahi.
Khidmah
sendiri berasal dari kata خدم yang menurut bahasa artinya melayani atau
membantu, sedangkan khidmah menurut tradisi keagamaan yaitu melayani atau
membantu kiai atau guru atau lembaga pendidikan dengan sepenuh tenaga di sertai
dengan kesabaran dan keikhlasan semata-mata hanya mencari ridlo Allah dan juga
ridlo guru atau kiai agar ilmu yang di dapatkan menjadi ilmu yang berkah dan
bermanfaat, karena keridloan guru merupakan keberhasilan pertama murid.
Di dawuhkan Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alawy al-Maliki al-Hasani,
bahwa:
ثبات العلم بالمذاكرة، وبركته بالخدمة، ونفعه برضا الشيخ.
(melekatnya
ilmu dapat di peroleh dengan cara banyak muthola'ah, dan barokahnya dapat di
peroleh dengan cara berkhidmah, sedangkan manfaatnya dapat di peroleh dengan
adanya restu dari guru.)
Contoh cerita
yang sudah sangat masyhur tentang berkah daripada berkhidmah, cerita Sahabat
Anas bin Malik. Sahabat Anas bin Malik di bawa ibunya yaitu Ummu Sulaim kepada
baginda rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam, ketika sampai
di hadapan rasulullah ibu Sahabat Anas bin Malik berkata: ya rasulullah,
sesungguhnya ahlul madinah sama memberikan hartanya, rumahnya dan segala macam
kepada engkau, sedangkan aku ya rasulullah aku tidak bisa memberikan apapun
kecuali anakku ini ya rasulullah, anakku kupasrahkan kepada engkau untuk berkhidmah
kepada engkau ya rasulullah. Kemudian Ummu Sulaim pun memohon kepada rasulullah
shallallahu 'alaihi
wasallam untuk
mendoakan Sahabat Anas, dan rasulullah pun berdo'a:
اللهم أكثر
ماله وولده وأطل عمره واغفر ذنبه.
"Ya
allah, berikanlah ia harta yang melimpah, keturunan yang banyak, panjangkanlah
umurnya dan ampunilah dosanya".
Sahabat Anas
bermulazamah kepada nabi serta berkhidmah kepada beliau kurang lebih 10 tahun
sampai beliau rasulullah wafat. Selama
itu pula sahabat Anas tidak menyia-nyiakan waktunya, beliau serap semua ilmu yang
di ajarkan oleh rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, baik dari sabda beliau maupun akhlaq beliau, bahkan sahabat Anas bin
Malik menduduki peringkat ketiga dari kalangan sahabat yang paling banyak
meriwayatkan hadits rasulullah setelah Abu Hurairah dan Abdullah Umar.
Dan setelah
rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam wafat. berkat
khidmah dan hidup di samping nabi, selama hidupnya, Sahabat Anas menjadi
rujukan keilmuan bagi kaum muslimin pada masa itu. Hingga akhirnya berkat do'a
nabi, Sahabat Anas pun menjadi sahabat yang paling banyak anaknya, paling
panjang umurnya dan menjadi sahabat yang wafat paling terakhir.
Khidmah ada
tiga macam, khidmah yang pertama yakni khidmah bi an-nafs, yaitu khidmah dengan
fisik atau tenaga. Khidmah ini bisa di lakukan dengan hal-hal kecil, seperti
merapikan sandal kiai, mencuci mobil kiai dan lain sebagainya.
khidmah kedua
adalah khidmah bi al-maal, yaitu khidmah dengan harta. Khidmah yang semacam ini
mungkin belum bisa di lakukan murid ketika di pondok karena belum
berpenghasilan. Khidmah dengan harta ini bisa di lakukan kelak ketika murid
sudah pulang dan punya penghasilan sendiri, berkhidmah dengan harta misalnya
menyumbangkan hartanya untuk pembangunan pondok pesantren dan lain-lain. Khidmah
ketiga adalah khidmah bi ad- du'a, yaitu khidmah dengan cara mendoakan guru. Mendoakan
guru termasuk sebagai adab penuntut ilmu atau murid, maka sebagai murid sudah
seharusnya selalu mendoakan guru layaknya seorang anak mendo’akan orang tuanya,
karna guru adalah pendidik ruhani, sedangkan orang tua lebih banyak berperan
sebagai pendidik jasmani.
Di sebutkan
dalam syi'ir yang di kutip dari kitab Ta'lim al-Muta'alim:
أُقَدِّمُ
أُسْتَاذِي عَلَى نَفْسِ وَالِدِي # وَإِنْ نَالَنِى مِنْ وَالِدِي الْفَضْلَ
وَالشَّرَف.
"Aku
lebih mengutamakan guruku dari orang tuaku, meskipun dari orang tuaku, aku
mendapat keutamaan dan kemuliaan".
فَذَاكَ مُرَبِّ
الرُّوْحِ وَالرُّوْحُ جَوْهَرُ # وَهَذَا مُرَبِّ الجِسْمِ وَالجِسْمُ
كَالصَّدَفِ.
"Guru
adalah pengasuh jiwaku, sedangkan orang tua adalah pengasuh badanku,
perumpamaan
jiwa adalah mutiara dan badan bagaikan kerangnya".
Ulama' juga banyak yang menekankan pentingnya berkhidmah, di antaranya
Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alawy al-Maliki al-Hasani, beliau berkata:
الطالب الخدوم
أحسن عندي من الطالب المجتهد.
"Santri yang
senang berkhidmah bagiku lebih baik daripada santri yang rajin (belajar)".
الطالب عندي من
يتعلم ويخدم، ومن يخلص في خدمته يفتح اللّه عليه.
"Yang di katakan murid menurutku adalah seseorang
yang belajar sekaligus berkhidmah, barang siapa yang tulus berkhidmah, maka Allah
akan membukakan baginya pintu kebaikan".
Ada lagi
perkataan dari Habib Segaf bin Hasan Baharun mengenai khidmah, beliau berkata:
berkhidmah satu jam kepada guru itu lebih baik daripada belajar setahun".
Semoga Allah memudahkan kita dalam berkhidmah kepada guru-guru kita. Amin
allahumma amin
بالعلم ارتفع
وبالخدمة انتفع.
"Dengan
ilmu pengetahuan seseorang akan di angkat derajatnya, dan dengan berkhidmah
(kepada guru/ilmu) ia akan mendapatkan kemanfaatan".
Kenitra,
senin 27 januari 00.10
Kuweren ketua base camp kamar 14 DT , Angger UHT ngenteni syafa'ate, pas ujian karek nyantuy. Wkwkwk
BalasHapus