>S Pengertian Bahasa, Sejarah Singkat, dan Perkembanganya | PPI Maroko
Qries

Pengertian Bahasa, Sejarah Singkat, dan Perkembanganya


A.  pendahuluan

Linguistik merupakan dasar dalam mempelajari keahlian berbahasa. Sedangkan manfaat dari linguistik antara lain dapat membantu dalam menyelesaikan dan menyelesaikan tugas, dan menerjemahkan bahasa satu ke bahasa yang lainya juga bisa menyusun kamus/ memudahkan seseorang dalam belajar ilmu yang baru.

 

B. pembahasan

Kata linguistik (linguistitics- inggris) berasal dari bahasa latin ‘’Lingua’’ yang berarti bahasa. Dalam bahasa perancis ‘’ Langage – Langue’’. Italia ‘’Lingua’’, Spanyol ‘’Lengua’’, dan Inggris ‘’language’’.

Akhiran  ‘’ics’’ dalam linguistics berfungsi untuk menunjukan nama sebuah ilmu, yang berarti ilmu dalam bahasa.

Linguistik secara umum berarti berarti ilmu bahasa.

Ilmu bahasa adalah suatu ilmu yang objeknya bahasa.

Bahasa di sini maksudnya adalah bahasa yang digunakan sehari-hari (fenomena lingual). Karena bahasa dijadikan objek keilmuan maka ia mengalami pengkhususan, hanya yang dianggap relevan saja yang diperhatikan (diabstraksi). Jadi yang diteliti dalam linguistik atau ilmu bahasa adalah bahasa sehari-hari yang sudah diabstraksi dan semacamnya bukan termasuk objek yang diteliti dalam linguistik.

C. Sejarah Singkat Linguistik (ilmu bahasa)

Dalam sejarah perkembanganya linguistik dipenuhi dengan berbagai aliran paham,pendekatan,dan teknik penyelidikan yang sangat ruwet.

Berikut ini akan dibicarakan sejarah,perkembangan,paham,dan beberapa aliran linguistik dari zaman purba sampai zaman mutakhir.

1. Linguistik Tradisional

Linguistik tradisional sering dipertentangkan dengan tata bahasa struktural, bedanya tata bahasa tradisional menganalisis bahasa pada filsafat dan semantik sedangkan tata bahasa struktural berdasarkan struktur/ciri formal yang ada pada suatu bahasa tertentu.

Bagaimana terbentuknya tata bahasa tradisional akan dibicarakan berikut ini :

a. Linguistik zaman yunani (abad ke-5 SM – abad ke-2 SM) yang menjadi pertentangan saat itu adalah :

Pertentangan antara fisis dan nomos. Bersifat fisis maksudnya bahasa itu mempunyai hubungan asal-usul, sumber dalam prinsip-prinsip abadidan tidak dapat diganti diluar manusia itu sendiri, Konvensional artinya, makna-makna kata itu diperoleh dari hasil-hasil tradisi/kebiasaan.   Pertentangan analogi dan anomali.

Kaum analogi (plato dan aristoteles) berpendapat bahwa bahasa bersifat teratur, analogi sejalan dengan kaum naturalis, Sedangkan anomali berpendapat bahwa bahasa itu tidak teratur. Kaum anomali sejalan dengan kaum konvensional.

b. zaman Romawi

Merupakan kelanjutan dari zaman yunani yang terkenal antara lain, Varro (116-27 SM) dengan karyanya, De Lingua Latina dan Priscia dengan karyanya  Institutiones Grammaticae.

c. zaman pertengahan

Studi bahasa pada zaman pertengahan mendapat perhatian penuh terutama oleh para filsuf skolastik.

d. Zaman Renaisans

Zaman Renaisans dianggap sebagai zaman pembukaan pemikiran abad modern. Dalam sejarah studi bahasa ada 2 hal pada zaman renaisans ini yg menonjol yang perlu dicatat.      1). Sarjana-sarjana pada waktu itu menguasai bahasa Latin ,Ibrani,dan Arab,  2). Bahasa Eropa lainya juga mendapat perhatian dalam bentuk pembahasaan, penyusunan tata bahasa, dan perbandingan.

Ø  Bila kita simpulkan pembicaraan mengenai linguistik tradisional :

·     Pada tata bahasa tradisional ini tidak dikenal adanya perbedaan antara bahasa ujaran dengan bahasa tulisan. Oleh karena itu, deskripsi bahasa hanya bertumpu pada tulisan.

·        Bahasa yang disusun tata bahasanya dideskripsikan

Dengan mengambil patokan-patokan dari bahasa lain, terutama bahasa Latin.

·       Penemuan-penemuan terdahulu cenderung untuk selalu dipertahankan.

 

Ø  Bila kita simpulkan pembicaraan mengenai linguistik tradisional :

·        Telaah sinkronik ( mempelajari bahasa dalam kurun waktu tertentu saja ) dan diakronik ( telaah bahasa sepanjang masa ).

·        Perbedaan signifian dan signifie.

Signifian adalah citra bunyi atau kesan psikologis bunyi yang timbul dalam alam pikiran ( bentuk ),

Signifie adalah pengertian atau kesan makna yang ada dalam pikiran kita (makna).

 

 

Daftar Rujukan :

1. http://id4n.wordpress.com/2009/08/07/sejarah-singkat-linguistik-di-timur-arab/.

2. http://www.facebook.com/note.php?

Note_id=377256162351.

3.http://www.mli.undip.ac.id/index.php/Table/Tentang-Linguistik/.

 

 

 


PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar