>S Informasi seputar Asuransi AXA-AMCI dan Klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly | PPI Maroko
Qries

Informasi seputar Asuransi AXA-AMCI dan Klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly


 

Informasi seputar Asuransi AXA-AMCI dan Klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly

A.    Asuransi AXA-AMCI

Asuransi AXA-AMCI merupakan jaminan kesehatan yang diberikan kepada para pelajar yang terafiliasi dengan AMCI. Asuransi ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar berbeasiswa maupun non-beasiswa sehingga bisa membantu mereka secara finansial bila dihadapkan dengan urusan kesehatan. Bagi pelajar berbeasiswa, pembiayaan asuransi ini telah dilakukan melalui pengurangan uang beasiswa di 6 bulan terakhir. Adapun pelajar non-beasiswa, pembiayaan asuransi sudah termasuk dalam biaya registrasi awal di AMCI. 

Pada dasarnya, asuransi AXA-AMCI ini menerapkan sistem reimbursement yaitu asuransi kesehatan yang menjamin biaya pengobatan atau pemeriksaan, namun yang bersangkutan harus membayar biaya pengobatan terlebih dahulu di muka. Setelah itu, baru kemudian mengklaim kerugian biaya pengobatan ke pihak asuransi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Klaim tersebut dapat diajukan ke staf bagian asuransi AXA-AMCI yang berlokasi di pintu masuk al-Hay al-Jami'i al-Dauly, Hay Riad, Rabat.  

Syarat-syarat pengajuan klaim asuransi:

1.     Memiliki kartu AMCI

2.     Pengisian formulir klaim yang dilakukan oleh dokter 

Tahapan pengajuan klaim asuransi (pengobatan umum):

1.     Cetak formulir klaim asuransi yang terlampir  

2.     Berobat ke dokter dengan membawa KTP Maroko, Paspor, dan formulir yang telah dicetak

3.     Pengisian formulir klaim dilakukan oleh dokter yang mencakup diagnosa penyakit, resep obat dan lain sebagainya.

4.     Meminta dokter untuk membubuhkan cap dalam formulir tersebut

5.     Lakukan pembayaran di muka dengan biaya pribadi terlebih dahulu ke dokter/klinik.

6.     Dokter menyerahkan resep obat untuk diberikan ke apotek

7.     Berikan resep obat ke apotek dan meminta apoteker untuk mengisi formulir klaim asuransi tersebut yang memuat catatan resep obat dan harga obat 

8.     Meminta apoteker untuk membubuhkan cap di formulir asuransi

9.     Siapkan hal-hal berikut dalam proses pengklaiman asuransi:

·       Formulir asuransi yang sudah diisi secara lengkap baik oleh dokter maupun apoteker

·       Segala catatan medis dari dokter/klinik/laboratorium (hasil analisis laboratorium, pemeriksaan radiologi, dsb)

·       Catatan resep obat dan harga obat dari apoteker

·       Bungkus atau kotak obat

·       Salinan kartu AMCI dan paspor

10.  Serahkan hal-hal yang disebutkan di poin 9 ke staf bagian asuransi AXA-AMCI di pintu masuk al-Hay al-Jami'i al-Dauly untuk pemrosesan klaim asuransi (batas penyerahan formulir pengajuan klaim adalah 30 hari setelah melakukan pemeriksaan medis)

11.  Tunggu hingga 2 bulan  untuk proses pengembalian biaya berobat

Asuransi AXA-AMCI juga mencakup keperluan optik atau pembuatan kacamata, dengan langkah-langkah yang sama dengan ada beberapa tahapan berbeda sebagai berikut:

1.     Periksakan mata terlebih dahulu di dokter/klinik mata* untuk mendapat hasil yang memuat referensi medis pemeriksaan mata

2.     Berikan referensi medis tersebut ke optik

3.     Meminta referensi lensa yang dibuat oleh optik

4.     Berikan kedua referensi tersebut (referensi periksa mata dari dokter dan referensi lensa dari optik) beserta dokumen terkait ke pihak asuransi untuk memproses klaim asuransi dan penggantian biaya pemeriksaan mata dan pembuatan kacamata 

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

1.     Asuransi AXA-AMCI akan mengganti biaya pengobatan/pemeriksaan/perawatan sebesar 80% dari jumlah maksimal tertentu>

2.     Pengklaiman asuransi kesehatan harus disertai keterangan dari dokter yang memuat diagnosa penyakit, analisis farmasi, dan biaya berobat beserta catatan dari apoteker yang memuat resept obat dan harga obat. 

3.     Pengobatan umum bisa dilakukan di mana saja

4.     (*) selama ini pelayanan asuransi AXA-AMCI untuk pemeriksaan mata hanya bisa dilakukan di klinik mata Bab Chellah, Rabat. Adapun pembuatan kacamata bisa dilakukan di optik mana pun.

 

B.     Klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly

Selain memiliki akses terhadap pelayanan asuransi kesehatan, pelajar yang terafiliasi dengan AMCI juga dapat memanfaatkan keberadaan klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly jika menghadapi masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Baik berobat maupun kontrol kesehatan di klinik ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Klinik ini hanya sebagai tempat rujukan awal dan jika sakit berlanjut atau semakin parah maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat. Meskipun begitu, fasilitas kesehatan di klinik ini cukup memadai. 

Tata cara berobat di klinik al-Hay al-Jami'i al-Dauly

a.     Bagi yang pertama kali berobat disyaratkan untuk membawa kartu AMCI dan pas foto ukuran 4x6 untuk registrasi awal. Jika tidak membawa pas foto, maka diminta untuk membawanya di kemudian hari atau ketika kontrol kesehatan.

b.     Bagi yang sudah pernah berobat, hanya diminta untuk membawa kartu AMCI.

Klinik ini terletak di bagian belakang komplek al-hay al-jami'i al-dauly dan biasanya satpam di komplek asrama akan mengecek data diri dan meminta untuk menunjukkan kartu AMCI dan KTP/Paspor

Q&A

1.     Apakah biaya tes PCR atau SWAB Covid-19 bisa digantikan dengan asuransi ini?

Hingga saat ini, asuransi ini belum bisa digunakan untuk tes PCR atau SWAB Covid-19.

2.     Apakah tes PCR atau SWAB bisa dilakukan di klinik hay dauly?

Tidak bisa karena klinik tersebut sampai saat ini belum memfasilitasi tes PCR/SWAB Covid-19

3.     Jika mengalami sakit berkepanjangan atau mengalami kecelakaan hingga perlu untuk dirawat di rumah sakit, apakah asuransi tersebut akan mengganti biaya opname (rawat inap)?

Seperti yang tertera dalam instruksi di formulir asuransi (berbahasa Perancis) bahwa jika yang bersangkutan diharuskan menjalani rawat inap di rumah sakit, maka asuransi tersebut juga akan meng-cover biaya rawat inap. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa asuransi ini menerapkan sistem reimbursment yang mengharuskan orang yang tertanggung untuk menggunakan biaya pribadi terlebih dahulu, baru kemudian setelah selesai menjalani perawatan, pihak asuransi akan mengganti biaya perawatan tersebut sebesar 80% dengan mengharuskan membawa catatan medis selama rawat inap selengkap mungkin.

Khusus untuk kecelakaan, pihak asuransi dalam instruksinya meminta untuk menuliskan penyebab kecelakaan beserta informasi tentang pihak yang menyebabkan kecelakaan tersebut jika memungkinkan.

4.     Apakah beasiswa atau uang yang dialokasikan untuk asuransi bisa diambil semata-mata tanpa ada keperluan kesehatan?

Tidak bisa karena sudah menjadi kewenangan AMCI dan pihak asuransi AXA.

 

 

 

PPI Maroko

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko adalah organisasi kemahasiswaan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kerajaan Maroko. Perhimpunan ini diresmikan pada tahun 1992 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar